Berhasil mencetak dua gol dari empat laga, Lerby Eliandry menjadi pilar penting Borneo FC saat ini. Absennya Marlon da Silva akibat cedera di awal musim membuat eks Bali United itu selalu menjadi pilihan utama di setiap laga. Setiap gol Lerby benar-benar penting. Sebab bukan hanya membobol gawang lawan, namun dia juga berhasil membukukan kemenangan. Masing-masing satu gol yang diciptakannya ke gawang Mitra Kukar dan Arema FC berbuah victory.


Bertandang ke Mitra Kukar, Lerby mendapat pengawalan ketat. Selama laga, dia pun hanya membukukan satu peluang. Beruntung, sebiji kans tersebut berujung gol. Lebih mengesankan gol Lerby ke gawang Arema FC. Tepat di hari pertandingan, Pusamania berulang tahun yang ke-24. Dia pun memersembahkan gol dan kemenangan untuk suporter.


Sayangnya, Lerby gagal meneruskan tren positif saat menjajal kekuatan Persija Jakarta. Bahkan dalam laga tersebut tak satu pun peluang dibukukannya. Borneo FC justru ditekuk tuan rumah dua gol tanpa balas.


Asisten pelatih Borneo FC Ahmad Amiruddin menuturkan, Lerby dianggap salah satu striker lokal terbaik. Tim pun dianggap amat beruntung memiliki pemain asli Samarinda itu. "Saat ini semua tahu bagaimana kualitas Lerby. Setiap tim yang kami lawan juga menaruh kewaspadaan tinggi," kata Amir, sapaannya.


Menempatkan Lerby sebagai striker utama tim dijelaskan Amir merupakan keputusan tim pelatih. Berpostur tinggi serta memiliki kualitas permainan di atas rata-rata, kepercayaan yang diberikan pun selalu lebih. "Lerby salah satu pemain yang bisa moncer dari awal pertandingan.‎ Wajar kalau selalu dimainkan," imbuhnya.


Amir yakin Lerby bisa terus bersaing dengan striker lain dalam perburuan gol. Mengingat kompetisi menyisakan banyak partai, setiap lawan harus selalu hati-hati mengawal pemainnya ini.


Demi menunjang performa Lerby di lapangan, tim pelatih juga mengasah pemain di lini tengah. Umpan-umpan yang diberikan sebisa mungkin harus matang dan memanjakan. "Kalau umpannya bagus, penyelesaian akhirnya jadi lebih mudah. Hal ini terus kami persiapkan dalam latihan. Semoga di laga berikutnya bisa membuahkan hasil positif lagi," yakinnya.


Ditemui terpisah, Lerby mengaku tak berambisi mengejar gelar top skor. Sebagai striker, selain urusan mencetak gol, kemenangan tim dianggap jauh lebih penting. "Saya pribadi ingin tim selalu dapat hasil bagus di setiap pertandingan. Kalau urusan cetak gol itu semua wajib. Karena kalau tim bisa menang, maka semua senang," tutur Lerby.


Torehan dua golnya saat ini pun dianggap buah kerja sama tim. Semua pemain berupaya keras memberikan yang terbaik demi hasil positif. "Kemenangan bukan faktor satu atau dua pemain saja. Ada sebelas pemain di lapangan yang berusaha keras dapat kemenangan. Saya tidak mau egois," imbuhnya. (NET/KOK)