Pemain belakang milik Borneo FC, Azamat Baimatov sudah tak sabar menghadapi duel kontra Persipura di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Jumat (4/5/2018). Bek berkebangsaan Kyrgizstan ini bertekad memperbaiki performa timnya saat bersua Persipura.


Dalam tiga laga terakhir, Borneo FC gagal meraih poin maksimal. Sebagai pemain belakang, Azamat termasuk yang bertanggungjawab terhadap jumlah gol kemasukan Pesut Etam. Dari tiga laga terakhir, Borneo FC harus kebobolan 7 gol.


Saat ini, ia mengaku fokus memperbaiki performa agar lini pertahanan Pesut Etam tak mudah ditembus. Azamat menilai dalah satu cara yang bisa membantunya dalam mengevaluasi performa yaitu melalui video pertandingan. Kapten timnas Kyrgizstan ini terbantu dengan adanya video pertandingan, sehingga bisa memperbaiki kelemahan dan kelengahannya dalam bertahan.


"Setiap usai pertandingan, saya selalu melihat kembali video dari temen-teman media Borneo FC. Ini penting sekali buat evaluasi diri saya sendiri untuk bisa lebih baik lagi. Saya terbantu dengan adanya video, dan harus memperkuatnya di sesi latihan tim," ungkap Azamat.


Di laga kontra Madura United pekan lalu, Azamat sebenarnya bermain tidak terlalu buruk. Saat situasi bertahan, ia sukses melakukan 2 kali intersep, sekaki tekel, dan 2 blok. Namun beberapa kali konsentrasi Azamat terganggu, akibatnya ia harus tiga kali kehilangan bola dari kakinya.


Untuk sisi menyerang, Azamat sebenarnya juga berpotensi mencetak gol. Kesempatan Azamat datang lewat skema Set Pieces. Namun saat lawan Madura United ada dua peluang tandukan Azamat yang gagal berbuah gol. Iapun menyadari hal itu, dan berjanji akan lebih giat memanfaatkan peluang guna membantu tim.


"Kamu liat sendiri bagaimana saya banyak sekali peluang. Saya sendiri juga tidak habis pikir, mengala bola tidak mau masuk ke gawang. Tapi bagi saya apapun itu kemenangan hal yang lebih penting. Tetap saya akan berjuang untuk membantu tim baik bertahan maupun untuk mencetak gol saat dibutuhkan," ujar pemain bernomor punggung 7 ini. (NET/KOK)