Borneo FC akhirnya meraih kemenangan tandang lagi, usai membekuk PS Tira dengan skor 3-4 pada pertandingan pekan ke-17 Liga 1 2018 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat malam (20/7). Ini merupakan kemenangan kedua Pesut Etam musim ini.


Babak pertama Borneo FC berhasil unggul lebih dulu dengan skor 4-2 melalui Lerby Eliandry, dan pemain anyar Wildansyah, serta dua gol Marlon da Silva. Di babak kedua, PS Tira hanya mampu mencetak tambahan satu gol lewat eksekusi penalti Manahati Lestusen.


Hasil ini merupakan kemenangan tandang kedua Pesut Etam musim ini. Kemenangan tandang pertama terjadi saat mengalahkan Mitra Kukar di pekan kedua Liga 1 2018.


Pelatih Borneo FC Dejan Antonic mengaku bersyukur timnya meraih 3 poin di laga tandang. "Kita bersyukur meraih 3 poin. Kami berhasil membuat 4 gol," kata Dejan.


Namun Dejan sedikit terganggu dengan kelengahan timnya. Ia menilai timnya masih mudah kehilangan fokus di babak kedua. Kondisi ini yang sempat membuat Dejan khawatir. Apalagi gol kedua dan ketiga PS Tira terjadi karena kesalahan anak asuhnya sendiri.


"Kebobolan kita terjadi karena kesalahan sendiri, yaitu gol kedua dan ketiga untuk PS Tira. Sepakbola membutuhkan fokus 90 menit. Babak kedua kita tidak fokus sehingga tim banyak kehilangan bola karena panik," ujarnya.

Pada laga ini Borneo FC hanya memainkan 2 pemain asing yaitu Srdjan Lopicic dan Marlon da Silva. Langkah ini dilakukan untuk merotasi pemainnya. Ia cukup puas melihat performa anak asuhnya meski PS Tira juga bermain dengan penuh semangat.

Tiga poin itu penting karena tim ini masih proses. Sama seperti PS Tira yang punya pemain muda dan butuh waktu. Ini good game saya senang melihat PS Tira dan progresnya bersama coach Nil.


Sementara itu fullback Borneo FC, Abdul Rachman mengingatkan agar anak asuhnya tidak cepat puas meski memenangkan laga tandang. Pasalnya pekan depan mereka akan berhadapan dengan Sriwijaya FC di Palembang.


"Ini kemenangan tandang kedua. Atau yang pertama di luar Kaltim. Ini berkat kerja keras kita semua. Semoga kita tidak cepat puas," kata Rachman.


Kemenangan ini mengangkat Borneo FC ke peringkat empat klasemen sementara Liga 1 2018 dengan raihan 25 poin. Sedangkan PS Tira masih berada di zona degradasi, posisi 16 dengan raihan 18 poin. (NET/KOK)