Gaung Piala Dunia 2014 akan segera berakhir. Ya, Senin dinihari nanti perhelatan Piala Dunia jilid ke 20 ini akan memainkan laga pamungkasnya di Estadio do Maracana, Rio de Janeiro, yang mempertemukan kekuatan sepakbola di dua benua, Jerman sebagai perwakilan Eropa versus Argentina sebagai wakil dari Amerika Latin.


Berbicara mengenai Jerman, tim yang awalnya tidak terlalu diunggulkan ini menghentak dengan melaju mulus ke babak final. Masih belum hilang di ingatan, ketika mereka mempermak sang tuan rumah, Brasil dengan skor telak 7-1. Der Panzer, tim yang juga dijagokan pelatih Pusamania Borneo FC (PBFC) untuk mengangkat trofi di Piala Dunia 2014 ini.


"Jerman tim yang matang, mayoritas dihuni pemain Piala Dunia edisi sebelumnya saat masih dilatih Juergen Klinssman. Dari sisi kualitas mereka adalah individu-individu yang matang di Piala Dunia" ujar Iwan yang tahu banyak tentang Jerman.


Iwan Setiawan menjagokan Jerman bukan tanpa alasan. Berangkat saat eks arsitek Persija Jakarta ini menjadi pemain, ia sempat mencicipi negara dengan lagu kebangsaan Das Lied der Deutschen ini saat membela Timnas U-19. "Kita melakukan TC di Jerman 3 bulan, hingga kita mengenal karakter permainan Jerman. Kerja keras adalah nomor satu," tegas Iwan.


Karakter permainan Jerman ini pula yang diterapkan Iwan ke Pusamania Borneo FC. "Sebenarnya warna Jerman kental dengan karakter kepelatihan saya. Kerja keras, tidak mau kalah, dan dedikasi tinggi terhadap tim," ungkap pelatih berlisensi A-AFC ini.


Sudah kepalang tanggung bagi Jerman, masuk ke babak final tentunya tim asuhan Joachim Loew ini ingin menang dan menambah satu bintang lagi di atas logo timnas mereka. Sejauh ini Jerman sudah mengoleksi tiga gelar Piala Dunia, yakni pada tahun 1954, 1974, dan 1990. "Saya berharap tim ini jadi juara Piala Dunia tahun ini karena saya orang Jerman," tutup Iwan dengan nada sedikit bercanda. (Zezen)