Sudah dua minggu lebih menjalani Training Centre (TC) di Kota Wisata Batu, Pusamania Borneo FC (PBFC) telah melakoni tiga kali uicoba. Dari tiga ujicoba tersebut tidak satupun pertandingan yang bisa dimenangkan PBFC. Hasil dua kali imbang dan satu kekalahan diterima PBFC. Sementara itu, masih ada dua ujicoba lagi yang akan ditatap PBFC, yakni lawan Arema (19/7) dan Persebaya (22/7).


Ujicoba pertama saat lawan Persikoba memang bisa dibilang tim dalam kondisi yang belum maksimal. Setelah dihajar dengan latihan fisik di minggu pertama TC, tanpa ada masa recovery, tim langsung dijadwalkan berujicoba dengan Persikoba selama 3 x 30 menit. Skor imbang 0-0 mengakhiri ujicoba yang harus dihentikan di menit ke 65 ini. Baca Juga: TC Day 6 - Batu Malang: Ujicoba Perdana Pesut Etam Berakhir Anti Klimaks


Selang empat hari pasca lawan Persikoba, PBFC kembali melakukan ujicoba dengan kontestan ISL, Gresik United di Stadion Petrokimia Gresik. Bermain percaya diri dengan skema baru 3-4-1-2, penggawa Pesut Etam sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Rahmat Latief. Sayang, hilangnya konsentrasi di menit-menit akhir harus dibayar dengan dua gol balasan dari tuan rumah lewat sepakan Aris Alfiansyah.


Terakhir, PBFC berujicoba dengan Allstar Batu. Kali ini PBFC hanya menurunkan tim lapis kedua dengan maksud memberikan kesempatan bermain bagi mereka yang tidak pernah diturunkan saat kompetisi resmi. Lagi-lagi Pesut Etam gagal menorehkan kemenangan. Skor 1-1 menutup laga yang dimainkan 2 x 30 menit ini.


Secara keseluruhan, di tiga ujicoba yang sudah dilakoni anak asuh Iwan Setiawan ini memang belum memuaskan kalau dilihat dari hasil akhir. Benar saja, bagi orang awam tentu membayangkan akan mudah bagi Pesut Etam saat bersua Persikoba dan Allstar Batu yang notabene levelnya berada di bawah PBFC. Saat lawan Gresik United pun andai pemain konsisten, fokus, dan tidak sedikit emosi, tentu kemenangan bisa diraih.


Ada banyak sebab mengapa PBFC gagal meraih kemenangan di beberapa ujicoba selama masa TC ini. Mulai dari masalah cuaca, puasa, sampai perubahan skema yang diterapkan coach Iwan Setiawan. Jika tujuan dari ujicoba hanya untuk memantapkan taktik atau apapun itu, sah-sah saja rasanya jika tim tidak meraih kemenangan. Namun, jika kemenangan bisa diraih tentu akan membuat pemain lebih nyaman dan percaya diri selama masa TC dan menatap laga-laga ujicoba selanjutnya, begitu kiranya yang disampaikan coach Iwan Setiawan saat briefing sebelum laga lawan Persikoba. Goodluck Borneo! (Zainu Abdilah)