Sampai saat ini penampilan anak-anak Borneo FC U-19 bisa dikatakan sangat stabil. Sebab sampai putaran kedua Grup C Liga 1 U-19 saat ini, tim asuhan Ponaryo Astaman serta Charis Yulianto ini belum sekali pun tersentuh kekalahan. Mereka saat ini nangkring di peringkat kedua dengan nilai 13 dari hasil 7 pertandingan. Sementara Persipura memimpin klasemen lewat raihan poin 15 dengan jumlah pertandingan sama. Sedangkan PSM Makassar di posisi ketiga dengan poin 11, disusul Mitra Kukar (9), Arema FC (4) dan Perseru Serui dengan poin 2.


Jelas PSM dan Mitra Kukar masih sangat mengancam posisi Borneo FC jika ingin lolos ke babak selanjutnya. Terlebih sore ini di Stadion Moh. Soebroto Magelang, Pesut Etam junior akan menantang PSM Makassar.


“Ini menjadi pertandingan penting untuk kita. Kita juga ada beberapa hari latihan jelang laga besok (hari ini). Yang jelas pembenahan kita lakukan seperti penyelesaian akhir, kerja sama tim serta beberapa kesalaha yang dilakukan pemain di pertandingan sebelumnya,” ujar Popon, sapaan akrab Ponaryo Astaman.


Popon berharap pemainnya fokus dan konsentrasi, agar taktik dan strategi yang diberikan saat latihan bisa dijalankan dengan baik. Dalam sesi latihan, Popon mengaku melakukan penyempurnaan di laga sebelumnya. Artinya kesalahan-kesalahan elementer yang dilakukan pemain, diharapkan tak lagi banyak dilakukan.


“Kami dari tim pelatih tak banyak waktu untuk membenahi tim secara detail. Jadi beberapa kesalahan yang terpantau saat pertandingan sebelumnya, menjadi bahan untuk dievaluasi di pertandingan berikutnya, termasuk lawan PSM,” katanya lagi.


Saat ditanyakan apakah hasil tak pernah kalah akan menjadi beban bagi pemainnya saat ini, Popon menegaskan hasil tak pernah kalah justru jadi motivasi bagi pemain. “Anak-anak tak boleh terbebani dengan hasil selama ini. Justru mereka harus lebih baik dan termotivasi penampilannya, agar rekor tak kalah tak bisa dipatahkan lawan. Saya katakan kepada mereka, terus berjuang semaksimal mungkin untuk hasil bagus di semua pertandingan,” tegas Popon.


Sementara itu Iftiqar Rizal, salah satu pilar Borneo FC U-19 mengaku perlu kerja keras saat bertemu PSM untuk meraih kemenangan. Sebab PSM menjadi salah satu tim dengan kekuatan bagus di Grup C. “Bismillah, mudah-mudahan kami bisa meraih poin penuh dan bisa lolos ke babak 8 besar. Kami akan kerja keras, berusaha dan berdoa untuk pertandingan ini,” pungkasnya. (UPI)