Borneo FC U-19 akhirnya bisa berapas lega. Ini setelah mereka memastikan satu tiket ke babak 8 Besar Liga 1 U-19. Menghadapi Perseru Serui di pertandingan terakhir Grup C yang dimainkan di Stadion Gemilang, Magelang, tim asuhan Ponaryo Astaman dan Charis Yulianto tersebut menang dengan skor telak 7-0. Dengan hasil ini, Pesut Etam junior mengoleksi 19 angka dari 10 kali pertandingan. Sementara Persipura U-19 dan PSM Makassar U-19 berada di peringkat pertama dan kedua dengan raihan 24 dan 20 poin. Borneo FC sangat beruntung, karena dengan poin 19 menjadi tim peringkat ketiga terbaik setelah Persib Bandung U-19 di Grup B dengan raihan 18 poin


Popon – sapaan Ponaryo Astaman – mengaku hasil yang didapat timnya di penyisihan akhir patut disyukuri. Sebab kerja keras pemain untuk memastikan langkah ke babak perempat final sudah tercapai. “Saya harus ucapkan selamat pada pemain. Namun kita tak banyak punya waktu untuk menghadapi babak 8 besar. Kita harus melakukan persiapan secepat mungkin, karena waktu penyisihan grup menuju 8 besar sangat pendek,” ujar Popon.


Di babak 8 besar, Popon melihat semua tim yang lolos punya kans melaju sampai ke babak semifinal. Mantan pemain timnas ini mengaku, segera melakukan persiapan guna menghadapi fase gugur tersebut. “Selain kita mengevaluasi tim lawan, kita juga akan mengevaluasi tim sendiri. Kelemahan dan kekurangan pemain kita di babak penyisihan harus dibenahi,” sebutnya.


Popon pun meminta kepada semua pemainnya, agar lebih bisa memainkan taktik serta strategi yang akan dijalankan nanti. Sebab sebuah kesalahan akan berakibat fatal pada perjalanan tim menuju semifinal. Di tim saat ini, Popon tak melihat ada pemain utama atau cadangan. Ia percaya semua pemain bisa memberikan yang terbaik jika mendapat kepercayaan dari pelatih. Dan di pertandingan kemarin hal tersebut sudah dilakukan pemainnya. Sebab pemain yang datang dari bangku cadangan justru mampu mencetak tiga gol.


“Ini bagus untuk tim kedepan. Artinya semua pemain sudah siap dimainkan saat mendapat kepercayaan,” tegasnya.


Sementara itu Altalariq Erfa Ballah, salah satu pemain Borneo FC U-19 senang bisa membawa timnya lolos ke 8 besar. Menurutnya keberhasilan tersebut berkat kerja keras semua pemain. “Alhamdulillah kami bisa lolos 8 besar. Kami semua kerja keras untuk mewujudkan ini. Kami akan kerja keras lagi di babak perempat final untuk memastikan langkah ke semifinal. Insya Allah Borneo FC bisa mencapainya,” kata putra dari Antonio Jomah Ballah tersebut (UPI/KOK )