Perjuangan anak-anak Borneo FC di babak 8 besar Liga 1 U-19 Grup B dimulakan sore ini. Di Stadion 17 Mei Banjarmasin, skuad asuhan Ponaryo Astaman serta Charis Yulianto ini akan bertemu Persipura U-19. Inilah pertemuan ketiga bagi kedua tim di musim ini, setelah sebelumnya Borneo FC U-19 dan Persipura U-19 berada dalam satu grup di babak penyisihan yang dimainkan di Malang dan Magelang.


Dalam dua pertemuan di babak penyisihan, Borneo FC tak sekalipun meraih hasil positif. Yakni sekali bermain imbang dan keok di Magelang dengan skor 1-3. “Kita sudah tahu dengan mereka karena kita pernah bertemu di penyisihan. Saya pikir anak-anak tahu apa yang harus dilakukan dalam pertandingan nanti. Semua kelebihan dan kekurangan sudah kami antisipasi,” ujar Popon, sapaan Ponaryo Astaman.


Dikatakannya, dari hasil dua kali pertemuan tersebut sudah dilakukan evaluasi pada tim asuhannya. Itulah sebabnya, ia berharap ada perbaikan dari sisi permainan pada pemainnya di pertandingan besok. Tidak mengulangi kesalahan yang sama, terutama seperti putaran kedua di Magelang sangat diharapkan. “Paling tidak kita tak membuat lawan dengan mudah menekan kita dalam pertandingan besok (hari ini),” ujarnya.


Kekuatan Borneo FC U-19 sendiri dipastikan berbeda dibandingkan babak penyisihan. Sebab kebutuhan tim akan pemain anyar sudah terpenuhi dengan bergabung Aulia Hidayat dan Aji Kusuma dari Timnas U-19, serta Aldi. Popon mengaku kedatangan tiga pemain tersebut sesuai dengan apa yang diinginkan jajaran pelatih. Terlebih di babak 8 besar nanti, jadwal pertandingan sangat mepet.


“Jadwal pertandingan sangat berdekatan. Semua tim hanya beristirahat sehari untuk menghadapi pertandingan selanjutnya. Kita tak mungkin mengandalkan pemain yang itu-itu saja. Makanya dengan adanya tambahan pemain baru, setidaknya membantu dalam hal rotasi,” paparnya.


Mengenai pertandingan pertama, Popon menegaskan akan menurunkan skuad utama mereka. Dan ia meyakini hal tersebut akan dilakukan semua tim di babak 8 besar untuk laga perdana. “Nanti untuk pertandingan kedua dan ketiga, kita akan lihat situasinya bagaimana,” kata Popon.


Sementara itu Nurdiansyah, kapten tim Pesut Etam junior secara terpisah mengatakan, dirinya dan semua pemain lain sudah sangat siap memberikan yang terbaik di pertandingan sore ini. “Kami sudah tahu bagaimana kekuatan Persipura. Pelatih sudah memberikan evaluasi pada kami dan semoga kami bisa menjalankan apa yang diberikan. Yang terpenting adalah, semoga kami bisa mencuri poin di pertandingan pertama,” harapnya. (NET)