Stabilitas permainan anak-anak Borneo FC U-16 patut diacungi jempol. Usai menang di laga perdana di Liga 1 Elite Pro Academy U-16 Seri 4 Wilayah 3 menghadapi Perseru Serui dengan skor 1-0, kemarin sore giliran Persipura U-16 yang mereka bekuk dengan skor identik di Stadion Karanggayam, Surabaya. Gol kemenangan lahir dari aksi Gugun di menit 60, sekaligus menjadi satu-satunya gol yang terjadi pada partai yang sangat ketat tersebut.


"Luar biasa anak-anak hari ini, mereka bisa tampil spartan dan tak kenal menyerah sepanjang pertandingan. Kesebaran mereka berbuah sukses saat Gugun bisa mencetak gol dimenit ke 60. Sebuah hasil yang patut disyukuri," ujar Victor Simon Badawi, pelatih Borneo FC U-16.


Di laga ini, Borneo FC memang tampil lebih sabar. Mereka sabar mencari kelengahan pemain belakang Persipura U-16 yang lebih gencar menekan, terutama di babak kedua. Hasilnya terlihat saat Gugun mampu memanfaatkan peluang di menit 60. Dikatakan Victor, hasil ini akan menambah semangat dan motivasi pemainnya berburu kemenangan di pertandingan berikutnya.


"Mereka semakin hari makin berkembang secara permainan, taktikal dan mental mereka terus terasah. Bermain dengan siapapun kepercayaan diri mereka semakin bagus,” lanjut Victor.


Meski mampu memetik dua kemenangan di Seri 4 atas tim Papua yang dikenal tangguh, Victor tetap meminta kepada pemainnya tak jemawa. Sebab perjalanan di kompetisi U-16 ini masih panjang dan semuanya masih bisa terjadi. Saat ini Borneo FC U-16 mampu memimpin klasemen dengan poin 30. Sementara di bawahnya mengintai Persebaya U-16 dan PSM Makassar U-16 dengan poin sama, yakni 27. Dan di pertandingan besok di stadion yang sama, Borneo FC U-16 akan menantang PSM Makassar. Ini akan menjadi pertandingan berat berikutnya, karena PSM ingin mengejar poin Borneo FC.


"Kita kembali main nanti Rabu lawan PSM. Ini pertandingan berat kita, karena di putaran sebelumnya kita selalu kesulitan melawan PSM. Yang jelas besok (hari ini, Red), pemain punya kesempatan recovery sambil kami menganalisa kekurangan dan kelebihan lawan, serta memperbaiki apa yang kurang pada tim kita sendiri,” kata Victor. (NET/KOK)