Pupus sudah ambisi anak-anak Borneo FC U-16 melenggang ke babak semifinal kompetisi Liga 1 Elite Pro Academy U-16. Sebab di pertandingan kedua Grup X babak 8 Besar yang dimainkan di Stadion 17 Mei Banjarmasin, tim asuhan Victor Simon tersebut kembali menelan kekalahan. Di laga perdana dua hari lalu, Persija Jakarta U-16 sudah melakukannya. Dan kemarin sore giliran Barito Putera U-16 memberikan kekalahan kedua dengan skor 0-2.


Dengan hasil ini, peluang untuk melangkah ke semifinal dipastikan tertutup. Meski masih bermain sekali lagi melawan Persebaya U-16 besok sore, namun hasilnya tak akan memengaruhi perjalanan tim muda ini.


Usai pertandingan, Victor mengaku perjuangan timnya sudah sangat maksimal di pertandingan kemarin. Namun keberuntungan tak berpihak pada timnya. “Kami memang kalah, tetapi perjuangan anak-anak patut mendapat apresiasi. Saya salut dengan perjuangan pemain saya untuk memenangkan laga, meski pun akhirnya kami kalah,” ujar Victor.


Para peainnya ujar Victor terus berusaha mengejar gol lawan, meski hasilnya di luar keinginan. Kekalahan ini pun bisa diterima Borneo FC U-16, karena apa yang diperlihatkan pemain sudah sesuai dengan keinginan pelatih.


“Gol cepat lawan membuat kami kesulitan. Usaha anaka-anak di babak kedua untuk mengejar gol pun tak membuahkan hasil. Gol lawan terjadi karena kesalahan pemain kami yang tak siap dengan serangan cepat lawan. Di babak kedua kami sudah menguasai jalannya laga, tapi inilah sepak bola. Selalu ada yang kalah dan menang,” kata Victor lagi.


Ia pun berpesan pada pemainnya, untuk terus memperlihatkan permainan bagus di laga terakhir menghadapi Persebaya U-16, meski peluang lolos sudah terututup. “Saya katakan kepada pemain, tak penting di kompetisi usia muda ini menjadi juara. Tapi bermainlah bagus di setiap laga. Kalaupun akhirnya juara, itu adalah bonus dari kerja keras mereka,” paparnya.


Terpisah Andra, salah seorang pemain Borneo FC U-16 mengatakan, dirinya dan pemain lain sudah fight memburu kemenangan di pertandingan kemarin. Namun hasil akhir tak membuat Andra dkk menjadi bahagia. “Alhamdulillah kami mendapat pelajaran berharga di laga ini. Ini akan jadi pengalaman penting bagi kami untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya,” ujar Andra singkat. (NET/KOK)