Menghadapi lanjutan Divisi Utama Liga Indonesia 2014, Pusamania Borneo FC (PBFC) akan menjajal Martapura FC di Stadion Demang Lehman, Martapura, pada 8 Agustus mendatang.


Boyongan ke Kalsel, skuad Pesut Etam tidak sendirian. Pendukung setianya, Pusamania menyatakan akan ikut serta dalam tur tersebut untuk menyemangati tim kesayangan memenuhi target lolos ke kasta Indonesia Super League musim depan.


"Kami sudah berkoordinasi dengan dua pihak tuan rumah (Martapura FC dan Kalteng Putra FC) secara lisan maupun tertulis. Koordinasi tersebut termasuk tentang pengamanan kami selama di sana. Hal seperti demikian sudah menjadi standar prosedur yang kami lakukan," ucap sekretaris Pusamania, Abdus Somad Fauzan.


Rencana awalnya, sejumlah 500 orang menjadi kuota yang sejak awal disepakati dalam tur kali ini. Hanya berdasar penuturan Fauzan, baru sekitar 200 orang yang menyatakan kesediaannya ikut serta dalam tur kali ini.


Jumlah tersebut sebagian besar berasal dari internal Pusamania yang terdiri dari ribuan anggota yang tergabung dalam masing-masing koordinator wilayah (korwil).


"Dalam pemberangkatan anggota pada tur tersebut akan menggunakan dua jalur transportasi, yakni melalui darat dan udara. Hanya, sebagian besar nantinya memang akan melewati jalur darat dengan berkonvoi," ucapnya.


Bicara soal singungan selama mendukung tim di sana, Fauzan tidak khawatir. Malah, menurutnya tur ini sekaligus menjadi momen tepat bagi tim untuk bersilaturahmi sebagai sesama suporter.


"Pendukung tim tuan rumah menyatakan siap menyambut kedatangan kami. Sekaligus silaturahmi karena masih bertepatan dengan momen lebaran," pungkasnya.


Fauzan merincikan mengenai biaya perjalanan yang harus dipenuhi peserta. Jika hanya mengikuti tur ke Martapura, Fauzan mengatakan para peserta akan dikenai biaya Rp 300 ribu dengan fasilitas penginapan serta akomodasi perjalanan pulang-pergi.


Tambahan Rp 150 ribu akan dikenakan jika para anggota berniat melanjutkan tur ke Palangkaraya, dimana PBFC akan bermain menghadapi Kalteng Putra FC pada 11 Agustus mendatang.


Para anggota Pusamania yang ingin mendaftar bisa menghubungi korwil untuk mendaftarkan diri atau menghubungi ketua koordinator rombongan, Roby Cahyadi (082251004724). (End)