Semangat tinggi diperlihatkan para pemain dalam latihan Borneo FC, Selasa (15/) di Stadion Segiri. Mereka seolah ingin memperlihatkan jika manajemen Borneo FC tak salah merekrut mereka untuk kompetisi mendatang, termasuk untuk tampil di Piala Indonesia pekan depan.


Presiden Borneo FC, Nabil Husein Said Amin mengaku senang melihat semua pemain menjalani latihan dengan motivasi tinggi. Ia pun optimistis pada tim ini di musim mendatang, meski di latihan hari pertama tak ada pemain asing yang hadir.


“Awalnya kita memang akan berkumpul pada tanggal 20 Januari ke atas. Makanya semua pemain asing tidak ada hari ini, karena mereka tahunya kita latihan masih agak lama. Tetapi karena ada Piala Indonesia, maka kita kumpul lebih cepat meski tanpa pemain asing,” ujar Nabil.


Dalam latihan kemarin, dua pemain yakni Finky Pasamba dan Makarius Fredik Suruan juga sudah hadir. Terkait kedua pemain tersebut, Nabil menjelaskan mengapa manajamen merekrut kedua pemain tersebut. Untuk Finky, ia diharapkan mampu menjadi pelapis sepadan untuk posisi gelandang bertahan. Saat ini Wahyudu Hamisi dan Asri Akbar serta Dirga Lasut, adalah pemain di posisi tersebut. Sementara Wahyudi sendiri masih menjalani seleksi di timnas. “Kita tak tahu Wahyudi kedepannya bagaimana di timnas, apakah dia lanjut atau tidak. Makanya kita perlu pemain lain yang mampu melapis di posisi gelandang bertahan,” terang Nabil.


Sementara untuk Makarius, masalah yang sering terjadi di Borneo FC musim lalu adalah saat bek kanan tak bisa bermain. Dalam hal ini adalah Diego Michiels. “Kalau Diego absen, penggantinya adalah pemain di posisi stopper. Ini yang tak boleh lagi terjadi musim depan. Makanya kita mengambil Makarius, karena dia posisi aslinya memang di bek kanan saat bersama Perseru Serui,” jabarnya.


Disinggung mengenai pemain asing, Nabil kembali menegaskan sudah mengontrak tiga. Mereka adalah Matias Conti, Javlon Guysenov serta Renan Alves. Satu asing lagi masih dirahasiakan manajemen. “Satu pemain masih kami rahasiakan. Saat ini pemain tersebut masih berdiskusi dengan klubnya. Tapi mudah-mudahan saja dalam waktu dekat pemain tersebut sudah bergabung dengan kita,” terangnya.


Nabil mengatakan, untuk leg pertama Piala Indonesia saat Borneo FC bertemu Mojokerto Putra, ia memastikan pemain asing tak akan diturunkan. Sebab mereka baru bergabung jelang pertandingan. “Jelas tak etis kalau pemain baru datang langsung bertanding. Sementara pemain lain sudah agak lama latihannya. Jadi saya pastikan di leg pertama nanti, kita bertanding tanpa pemain asing,” tegasnya. (NET/KOK)