Gelaran Piala Presiden 2019 sudah di depan mata. Borneo FC yang akan bertanding di Grup D bersama Persija Jakarta, Madura United serta tuan rumah PSS Sleman, sejauh ini sudah melakukan persiapan untuk mencapai target awal, yakni lolos dari babak penyisihan grup.

Pelatih Fabio Lopez pun sudah membuat program pada tim, sebelum bertarung di penyisihan nanti. “Ya, setelah pulang dari Sleman di babak 16 Besar Piala Indonesia kami sempat libur beberapa hari. Setelah itu kami langsung menjalankan program latihan menuju Piala Presiden,” terang Fabio.

Dan sebagai rangkaian dari persiapan tersebut, Jumat (1/3) mendatang Borneo FC akan menjalani uji coba dengan salah satu tim lokal di Samarinda. Namun Fabio sendiri belum mengetahui siapa lawan yang akan dihadapi tersebut. “Saya hanya tahu ada lawan kita hadapi. Staf pelatih yang mencarikan lawan,” sebut Fabio.

Dikatakannya lagi, dalam uji coba nanti dirinya ingin melihat sampai sejauh mana perkembangan pemain. Artinya bagaimana pemain bisa menjalankan taktik dan strategi yang dijalankan, akan dilihat dari uji coba tersebut. Fabio mengaku tak mau melihat hasil akhir dari sebuah uji coba.

Sebab yang utama adalah, melihat pemain mengaplikasikan hasil latihan. Bagaimana koordinasi antarlini, serta transisi pemain saat menyerang ke bertahan dan begitu pula sebaliknya.

“Harapan saya semua pemain memahami apa yang saya inginkan pada mereka. Di waktu persiapan yang singkat seperti sekarang, pemahaman taktik dan strategi dengan cepat akan sangat penting,” sebutnya.

Dari hasil empat kali pertandingan melawan PS Mojokert Putra dan PSS Sleman di babak 32 dan 16 besar Piala Indonesia, Fabio melihat pemainnya sudah bisa sedikit menjalankan apa yang diinginkan pelatih.

“Sekarang kita akan bertanding di turnamen pra musim yang lebih berat. Karena kita tergabung dengan lawan-lawan tangguh di Grup D. Tapi saya yakin pemain bisa berbuat maksimal di setiap penyisihan grup,” tegasnya.

Sementara itu sekretaris tim, Hariansyah Ari mengatakan rombongan Borneo FC akan bertolak ke Sleman pada 2 Maret mendatang. Piala Presiden sendiri akan diputar pada 2 Maret dari Grup A, dimana Persib Bandung akan bertemu Tira-Persikabo. Sementara Borneo FC baru akan bertanding pada 5 Maret menghadapi juara Liga 1 musim lalu, Persija Jakarta. (UPI)