Para pemain Borneo saat ini sudah berada di Sleman untuk mengarungi babak penyisihan Grup D Piala Presiden 2019. Adaptasi pun sudah dilakukan anak-anak Pesut Etam. Dan sampai kemarin, kondisi seluruh pemain dinyatakan sangat baik. Dari 25 pemain yang diboyong, hanya Terens Puhiri yang masih bermasalah dengan kesehatannya.

Sekretaris tim Hariansyah Ari menegaskan soal kondisi para pemain tersebut. Menurutnya, para pemain tak mengalami masalah kesehatan atau cedera dan siap bertarung di laga perdana menghadapi Persija Jakarta, besok malam. "Kondisi pemain sangat bagus setiba kemarin di Jogja. Tidak ada pemain yang bermasalah dengan kebugaran,” ujar Ari.

Kondisi yang ada saat ini diharapkan Ari bisa terus dijaga pemain. Sebab mereka akan menghadapi ujian berat di pertandingan pertama babak penyisihan ini. Namun ia tak membantah jika satu pemain masih dipantau perkembangannya.

Terens masih mengalami masalah kesehatan dan pemain bersangkutan akan terus dipantau perkembangannya sampai sehari jelang pertandingan. “Kita akan lihat Terens sampai latihan terakhir. Kalau pun Terens akhirnya tak bisa dimainkan, pelatih kepala pasti sudah punya solusinya. Sebab kita berangkat ke Sleman membawa 25 pemain yang semuanya siap tempur,” ujar Ari.

Jika Terens memang tak bisa diturunkan, maka Fabio Lopez akan melakukan perubahan di sisi sayap. Sultan Samma atau Ulul Azmi kemungkinan akan menjadi deputi Terens. Namun kemungkinan lain bisa saja dilakukan, yakni mendorong Edy Gunawan menjadi seorang sayap dan memindahkan Ambrizal Umanailo ke sisi sayap kiri. Dan inilah mengapa dalam uji coba terakhir di Samarinda menghadapi tim lokal, Fabio memasang beberapa pemain di posisi yang berbeda.

“Pemindahan posisi tersebut akan sangat berguna jika terjadi hal seperti saat ini, dimana Terens belum bisa dipastikan bermain. Tapi kami semua berharap Terens bisa menjadi bagian dari tim di laga perdana nanti,” tegas Ari. (UPI/KOK)