Pusamania Borneo FC (PBFC) berhasil melibas tamunya Persida Sidoarjo dengan skor telak 3-0 di Stadion Segiri, Samarinda, Jumat (15/8) malam. Tiga gol kemenangan Pesut Etam dicetak lewat kaki Danilo Fernando pada menit ke-35 dan serta dua gol Fernando Soler pada menit ke-44 dan ke-55.


Di awal laga tuan rumah lagsung menggebrak di menit kedua tendangan kapten tim Danilo Fernando masih bisa ditepis kiper Persida, Agung Prasetyo. Tim tamu yang hanya membawa 14 pemain dalam tur ini pun hanya bisa menunggu untuk melakukan serangan balik.


Menit kedua 12, tandukan striker PBFC Fernando Soler masih menyamping. Satu menit kemudian sepakan Ari Priyatna juga belum tepat sasaran. Menit 20 lagi-lagi tendangan Ari Priyatna juga belum bisa dikonversi menjadi gol.


Gol yang ditunggu-tunggu publik Samarinda akhirnya tercipta di menit 35.Tendangan penalti Danilo Fernando mampu mengubah kedudukan menajdi 1-0 untuk tuan rumah. Unggul 1-0 membuat tuan rumah di atas angin. Sembilan menit kemudian, gantian Fernando Soler yang menggandakan keunggulan PBFC menjadi 2-0. Skor ini pun bertahan hingga babak pertama usai.


Di babak kedua dominasi tuan rumah tetap berlanjut. Sementara tim tamu hanya bisa pasrah dengan bermain tanpa ada semangat untuk mencuri poin. Menit 55, Fernando Soler mencetak gol kedua sekaligus mengubah skor menjadi 3-0 untuk tuan rumah.


Gol inipun semakin meruntuhkan mental tim tamu.Laskar Jenggolo tak satu pun mendapat peluang emas. Menit 70 sebuah tendangan keras Feri Aman Saragih nyaris saja membuat PBFC semakin unggul, namun tendangan Feri masih bisa ditepis kiper tim tamu. Dan hingga laga berakhir skor tetap 3-0 untuk kemenangan PBFC.


Dengan kemenangan ini Pesut Etam makin mantap di puncak klasemen Grup 6 dengan mengemas 26 poin dari 13 kali bermain. Sedangkan Laskar Jenggolo tetap di peringkat 5 dengan poin 15. (**)