PT Liga Indonesia Baru (LIB) jauh-jauh hari sudah merancang gelaran kompetisi untuk kelompok umur. Rabu (10/4) lalu di Jakarta, dilaksanakan technical meeting membahas pelaksanaan kompetisi Liga 1 untuk usia 16 dan 18 tahun. Borneo FC diwakili Ricky Nelson Gideon, yang juga Direktur Akademi Borneo FC pada pelaksanaan beberapa waktu tersebut.

Dari keterangan pelatih yang sempat membawa Borneo FC melaju hingga ke final Piala Presiden 2017 tersebut, Pesut Etam dipastikan berada di Grup C untuk U-16 dan U-18 bersama Kalteng Putra, PSM Makassar, Persipura Jayapura, Persebaya serta Bali United. “Memang dilaksanakan technical meeting untuk membahas masalah kompetisi Liga 1 U-16 dan U-18. Dan hasilnya sudah kita dapatkan saat ini, di mana kita berada di Grup C,” terang Ricky.

Disebutkannya, untuk kickoff kompetisi U-16 dilaksanakan lebih cepat, yakni pada 28 April 2019. Sedangkan U-18 baru digulirkan pada 15 Juni mendatang. “Sementara ini baru dua kelompok umur saja yang dirancang kompetisinya. Untuk kelompok usia 20 tahun, sampai saat ini belum ditentukan kapan kompetisinya digelar,” katanya lagi.

Dijelaskannya, selain belum menentukan kapan kompetisi U-20, PSSI dalam hal ini PT LIB juga belum memutuskan siapa tuan rumah kompetisi U-16 dan 18. Sebab berdasarkan hasil technical meeting, pertandingan dilaksanakan dengan format home tournament.

“Namun dari hasil pertemuan tadi ditegaskan, PT LIB secepatnya menentukan siapa menjadi tuan rumah di dua kelompok umur tersebut,” pungkasnya. (UPI)