Kemenangan pertama akhirnya didapatkan Borneo FC U-16 di Liga 1 U-16 2019 Grup C yang berlangsung di Lapangan Karanggayam, Surabaya hari ini. Usai bermain imbang tanpa gol dengan Bali United, kemarin siang tim asuhan Andik Ardiansyah tersebut membekuk anak-anak Persipura Jayapura U-16 dengan skor 1-0. Satu-satunya gol kemenangan lahir dari eksekusi penalti Adam Aby Zakwan di menit 42.

Bermain lebih lepas dibandingkan pertandingan pertama, Borneo FC U-16 mampu menciptakan peluang di sepanjang permainan. Namun ketatnya lini pertahanan Persipura U-16 membuat pemain dengan Pesut Muda kesulitan mencetak gol.

“Kemenangan ini patut kita syukuri, sebab kita bisa memaksimalkan hasil pertandingan dengan mendapat tiga angka. Tapi anak-anak bermain lebih bagus dibandingkan melawan Bali. Dan secara kualitas, Persipura juga lebih baik,” kata Andik, pelatih Borneo FC U-16.

Andik mengakui di babak pertama timnya mengalami kesulitan menembus pertahanan lawan. Persipura bermain sangat ngotot, karena mereka juga kehilangan angka di pertandingan pertama usai ditumbangkan tuan rumah 0-2. Andik melihat komposisi pemain Persipura mengalami perubahan, dengan hadirnya beberapa pemain baru dibandingkan saat dikalahkan Persebaya.

“Jadi kita di babak pertama mengalami sedikit kebuntuan. Tapi di babak kedua kita ada perubahan dengan bermain lebih bertahan, sembari mencuri kesempatan saat mereka menekan. Dan akhirnya strategi tersebut membuahkan hasil. Kita mencetak gol dari penalti setelah lawan melakukan pelanggaran lewat skema serangan balik kita,” terangnya.

Sementara itu Adam Aby Zakwan mengaku sangat senang bisa membawa tim meraih kemenangan di laga ini. Menurutnya, para lebih bisa memainkan bola dengan baik di babak kedua setelah menjalankan strategi dengan bagus.

“Teman-teman sangat bagus dalam menjalankan permainan di pertandingan ini. Dan di babak kedua kita bisa lebih memaksimalkan strategi pelatih.Alhamdulillah kita bisa memetik kemanangan perdana hari ini,” terang Aby. (UPI)