Gebrakan baru akan kembali dilakukan PT Nahusam Pratama Indonesia. Lewat sang Komisaris, Nabil Husein Said Amin, menyatakan akan membentuk klub basket dengan nama Pusamania Borneo Basketball Club (PBBC).


Jika hal ini terealisasikan, maka tidak hanya mempunyai Pusamania Borneo FC (PBFC) untuk klub sepakbola profesional, nantinya nama Pusamania Borneo juga akan tampil di kancah perbasketan Indonesia.


Ide ini sendiri muncul karena keinginan Nabil Husein mempunyai klub profesional layaknya tim-tim di Eropa, sebut saja Barcelona, Real Madrid, Galatasaray, dan lain-lain yang juga mempunyai tim basket dan berlaga di Liga Basket Eropa. Hal ini sangat jarang terjadi di Indonesia.


"Tujuan utamanya pembentukkan klub basket ini agar anak-anak muda Samarinda dan Kaltim bisa memiliki wadah yang serius dan profesional untuk mengasah kemampuan mereka, tak hanya di sepak bola tetapi juga di bola basket," kata Nabil Husein.


Fokus utama saat ini memang masih ke PBFC agar lolos ke ISL. Niatan serius membentuk klub basket Pusamania Borneo saat ini masih dalam tahap penggodokan. Nantinya, klub ini akan bermain di liga internal dulu sampai mendapatkan lisensi hingga dapat bermain di NBL (National Basketball League).


"Saat ini prosesnya masih kami godok serius, maunya sih secepatnya, mungkin musim kompetisi depan sudah berpartisipasi," tutur Bermot Silitonga, pemilik Postmo Coffee yang dipercaya mengelola PBBC. (Zai/Kibo)