Jelang laga perdana Liga 1 musim 2019 yang akan bergulir pada 16 Mei 2019 nanti menghadapi Bhayangkara FC, Borneo FC terus memaksimalkan persiapannya. Banyak evaluasi yang diberikan pelatih kepala Mario Gomez usai timnya mengantongi satu kunci menuju semifinal Piala Indonesia awal Mei lalu.

Mengenai perkembangan pemain, diakui asisten pelatih, Charis Yulianto mengatakan para pemain memiliki progres yang cukup baik, terlebih di bulan puasa seperti saat sekarang.

"Alhamdulillah progres seluruh pemain cukup bagus, meskipun latihannya cukup menguras tenaga di bulan puasa namun seluruh pemain menunjukan semangat yang luar biasa agar bisa masuk di starting eleven," jelasnya.

Pada Piala Indonesia lalu, lini tengah Borneo FC cukup bekerja keras, pasalnya hanya ada dua punggawa disana, Asri Akbar dan Finky Pasamba yang bermain full tanpa tergantikan. Kondisi ini dikarenakan pemain lainnya, seperti Dirga Lasut harus absen lantaran cedera kemudian Wahyudi Hamisi yang mendapatkan akumulasi kartu dan Ichsan Kurniawan yang baru terdaftar untuk liga.

Namun jelang Liga 1, pilihan Coach Gomez untuk lini tengah sudah ada dan bervariasi, tidak harus bertumpu pada pemain tertentu. "Apalagi seluruh pemain dalam kondisi yang cukup bagus saat ini, terutama kembalinya beberapa pemain tengah yang absen. Tentunya ini sangat positif dan tim pelatih banyak pilihan atau alternatif untuk memposisikan pemain disana," jelasnya.

Mantan punggawa Timnas di eranya itu menambahkan, semua kembali kepada pemain Pesut Etam. Siapa nantinya yang akan di pasang dalam starting eleven tergantung dari kesiapan dari masing-masing pemain.

"Semua kemampuan dikembalikan ke pemain itu sendiri, siapa yang siap dia yang akan diturunkan. Artinya tidak hanya mengandalkan 1 atau 2 pemain saja, semua pemain punya kesempatan dan andil yang sama di Lapangan," tambahnya. (AR/KOK)