Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia resmi bergulir malam tadi. PSS Sleman kontra Arema FC menjadi partai pembuka. Dan ucapan selamat datang pada Liga 1 bagi Borneo FC pun langsung dijalani di hari kedua setelah kompetisi bergulir. Ya, malam nanti di Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang, Borneo FC akan memulai perjalanan mereka menghadapi Bhayangkara FC pukul 21.30 WITA

Jelas bukan pertandingan mudah, mengingat lawannya adalah jawara Liga 1 dua musim lalu dan menduduki peringkat ketiga musim kemarin. Terlebih pertandingan tak dimainkan di kandang sendiri, Stadion Segiri karena masih dalam tahap perbaikan rumput lapangan.

Namun optimistis meraih kemenangan sudah diapungkan pelatih Mario Gomez. Gomez mengaku pertai pertama adalah laga penting untuk mendongkrak kepercayaan diri pemain. Itulah sebabnya, kemenangan menjadi target utama pelatih asal Argentina ini.

“Memang main tidak di kandang sendiri sedikit mengganggu. Tapi saya mau semua pemain siap. Alasan tak main di rumah itu bagi saya bukan masalah. Sebab kita ingin menang di manapun kita bermain saat berstatus sebagai tuan rumah,” ujar Gomez.

Bhayangkara FC sendiri disebut Gomez adalah tim bagus dengan pelatih yang bagus pula. Khusus untuk Alfredo Vera yang kini menukangi tim di bawah naungan korps kepolisian tersebut, Gomez melihat Alfredo punya kemampuan meracik tim dengan sangat baik.

“Musim lalu saat dia masih di Persebaya, saya sudah bertemu dengan dia saat saya di Persib. Tapi saya percaya, pemain saya bisa menjalankan taktik dan strategi untuk meredam gaya bermain Bhayangkara FC di bawah kendali Alfredo,” ujarnya.

Borneo FC sendiri di laga perdana ini tak bisa diperkuat Dirga Lasut dan Firdaus Ramadhan. Namun khusus lini tengah, Gomez mengatakan dirinya tetap akan mempercayakan Finky Pasamba dan Asri Akbar, untuk menopang kinerja Renan Silva sebagai kreator permainan. “Tapi siapapun yang saya turunkan, percayalah semua pemain sudah siap,” tegasnya.

Sementara itu Ambrizal Umanailo mewakili pemain mengaku, dimanapun pertandingan dimainkan dirinya dan pemain lain sudah sangat siap. “Pelatih punya keinginan untuk menang dan kami juga dari pemain punya keinginan yang sama. Ini partai kandang kita, meski sebenarnya kita tak bermain di kandang,” terangnya.

Main di pertandingan pertama dikatakan Umai, sapaan akrab Ambrizal Umanailo, memang tak mudah. Namun sebagai pemain profesional, dirinya sudah merasakan hal tersebut di musim-musim sebelumnya.

“Kita semua sudah biasa menghadapi hal seperti ini. Tak masalah. Yang penting bagaimana kami menjalankan taktik dan strategi dengan baik. Kami optimistis bisa dapat tiga angka di partai pertama ini. Yang harus diingat, musim ini tim lebih kompak dibandingkan musim lalu. Kekompakan kami jauh lebih baik dan itu adalah modal besar bagi kami,” tegasnya. (SU)