Kemenangan perdana Borneo FC berhasil diraih di laga kandang menjamu Arema FC, Rabu (22/5) malam di Stadion Segiri Samarinda. Tuan rumah menang 2-0 dari Singo Edan dalam laga pekan kedua Liga 1 musim 2019 yang berlangsung dengan tensi tinggi. Gol bunuh diri dari Hamka Hamzah membuka keunggulan Borneo FC menit 57 disusul Lerby Eliandry di menit 87.

Sejak babak pertama, memang pertandingan berlangsung sengit, kedua tim saling memberikan serangan, Borneo FC di bawah arahan Mario Gomez terus memberikan tekanan. Namun peluang-peluang tersebut masih belum membuahkan hasil.

Memasuki babak kedua, Arema FC semakin tertekan. Solo run Umanailo yang kemudian menggocek pertahanan Arema, memunculkan sebuah peluang untuknya melepas sebuah tendangan ke gawang Kartika Aji yang membentur kaki Hamka Hamzah menit 57, skor berubah untuk keunggulan tuan rumah 1-0.

Masuknya Rifal Lastori menit 67 menggantikan pencetak gol pertama semakin meningkatkan tensi serangan Pesut Etam. Hampir tiga pemain Arema dikerahkan untuk menjaga Rifal yang memang tampil lincah malam itu. Keunggulan Borneo semakin bertambah usai umpan silang Terens Puhirin disambar Lerby Eliandry yang menjadikan kedudukan 2-0 di menit 87.

Tercatat tiga kartu kuning dikeluarkan wasit Aprisman Arandi. Pertama Wahyudi Hamisi di menit 36, Arthur Irawab di menit 46, dan Abdul Rahman di menit 85.

Dengan hasil ini, pelatih kepala Mario Gomez puas dengan permainan anak asuhnya, walaupun diakuinya Borneo FC sempat kehilangan banyak bola di babak pertama, namun pemain semakin berkembang dan meraih hasil positif hingga akhir laga.

"Kemenangan yang cukup penting. Ini dibutuhkan karena bermain di kandang. Arema tim kuat, ini membuat saya cukup puas mendapatkan tiga poin di sini. Memang babak awal Borneo terlalu banyak kehilangan bola dengan mudah. Ya pemain harus ekstra, dan memperbaiki keadaan di babak kedua," kata Gomez. (AR)