Siapa yang mengira tim kemarin sore ini melenggang mulus ke babak 16 besar Divisi Utama dengan status sebagai juara Grup VI. Ya, Pusamania Borneo FC yang baru musim ini terbentuk dan dengan persiapan kurang lebih hanya satu bulan bisa menunjukkan performa apik selama 14 pertandingan di babak penyisihan grup.


Rekor 9 kali menang, dua kali seri, dan hanya 3 kali menelan kekalahan total PBFC mengemas 29 poin. Pergantian pelatih kepala di tengah perjalanan kompetisi memberi dampak signifikan. Iwan Setiawan berhasil menjadikan tim ini lebih padu hingga tetap konsisten memuncaki klasemen sampai akhir.


Peta persaingan di Grup VI bukan pekerjaan mudah bagi PBFC untuk melaluinya. Dari delapan kontestan di Grup VI, tiga diantaranya berasal dari Kalimantan, sedangkan sisanya merupakan tim asal Jawa Timur yang terkenal sebagai salah satu kiblat dan kekuatan sepakbola Indonesia, sebut saja Deltras Sidoarjo, PSMP Mojokerto, Perseta Tulungagung.


Dominasi PBFC dan dua tim asal Kalimantan lainnya, yakni Martapura FC dan Kalteng Putra di Grup VI sangatlah diluar perkiraan. PBFC sejak awal nyaman memuncaki klasemen hanya mendapat tekanan berarti dari Martapura FC yang baru musim ini promosi ke Divisi Utama.


Sedangkan Kalteng Putra yang musim sebelumnya berlaga di IPL harus berjibaku dengan PSMP hingga akhirnya bisa menembus tiga besar. Kekuatan tim asal Kalimantan di Grup VI mematahkan persepsi sebagian orang yang lebih condong mengunggulkan tim asal Jawa.


"Lolos dengan predikat sebagai pemuncak klasemen adalah salahsatu prestasi yang membanggakan. Tetap berpijak pada bumi, hungry dan humble PBFC," tutur Nabil Husein Said Amin, Presiden Klub PBFC.


Kans PBFC di babak 16 Besar sendiri sangat terbuka untuk kembali lolos ke babak selanjutnya, yakni 8 Besar. Selama anak asuh Iwan Setiawan tetap konsisten dengan performa apiknya, bukan tidak mungkin di Grup M babak 16 Besar PBFC kembali menumbangkan lawan-lawannya.


Di Grup M PBFC tergabung dengan eks kekuatan ISL, Persiwa Wamena, juga dua tim yang lagi-lagi berasal dari Jatim, Persinga Ngawi dan Persebo Bondowoso. PBFC akan mengawali babak 16 Besar akan mengawali babak 16 Besar tanggal 2 September nanti melawan Persiwa di Stadion Segiri Samarinda. Viva Borneo! (Zai)