Manyala! itu lah kata yang tepat untuk laga malam ini antara Borneo FC vs PSIS Semarang, Rabu (10/7). Laga pekan ketujuh Liga 1 2019 yang berlangsung sengit itu berakhir dengan kemenangan tuan rumah dengan skor 2-0 tanpa balas.

Ambrizal Umanailo membuka keunggulan Pesut Etam dimenit 14, disusul sang striker Matias Conti lewat eksekusi pinaltinya menit 41. Kedua tim bermain terbuka sejak kick off babak pertama dimulai, saling serang ditunjukan keduanya. Sama-sama bermain disiplin, beberapa peluang hampir tercipta sejak menit awal.

Pesut Etam terus menggempur pertahanan PSIS malam itu. Peluang tercipta bagi tuan rumah usai memanfaatkan bola reborn dari tendangan set piece Renan Silva. Dengan kontrol yang baik, Ambrizal Umanailo menendang bola dan tidak bisa diantisipasi kiper PSIS Joko Ribowo menit 14, skor pertama untuk Borneo FC 1-0.

Sementara gol kedua tercipta lewat tendangan pinalti yang dieksekusi Matias Conti. Berawal dari kiper Joko Ribowo yang menjatuhkan Matias Conti di dalam kotak pinalti dan mengakibatkan dirinya mendapatkan kartu kuning, juga Borneo FC mendapatkan hadiah pinalti. Matias pun sukses mengeksekusi pinalti tersebut dimenit 41, skor pun berubah untuk keunggulan tuan rumah 2-0.

Memasuki babak kedua, kedua tim bermain semakin agresif. Ingin mengejar ketertinggalan, PSIS gencar menggempur pertahanan Borneo FC yang dijaga ketat Wildansyah dan Javlon Guseynov.

Patrick Silva pemain tengah PSIS dijaga ketat pergerakannya oleh punggawa Pesut Etam, mengapa tidak, Patrick cukup berbahaya bahkan mampu melewati tiga pemain Borneo FC sekaligus, namun lagi-lagi finishing dari pemain depan PSIS kurang baik.

Tensi permainan semakin meningkat memasuki menit 80, baik tuan rumah maupun tim tamu sama-sama tampil spartan di lapangan. Hingga tambahan waktu 4 menit dibabak kedua, skor tidak berubah, Borneo FC sukses menang 2-0 dan menambah tiga poin dalam laga kandang malam itu.

Dengan tambahan tiga poin di depan publik Samarinda, Borneo FC pun merengsek naik ke posisi 7 klasemen Liga 1 2019 dengan mengantongi 10 poin. Pelatih kepala Borneo FC, Mario Gomez usai laga mengatakan sangat bersyukur dengan kemenangan kandang kali ini.

Pelatih asal Argentina itu pun mengapresiasi dengan permainan skuadnya malam tadi. Namun tetap, Gomez menegaskan timnya harus tetap fokus untuk menghadapi laga selanjutnya kontra Barito Putera.

"Tentu ini sangat penting karena kita mendapatkan tiga poin. Harusnya bisa tambah satu gol lagi di babak kedua namun tidak terjadi. Setelah ini tim harus terus berkembang, dan besok kita akan free untuk istirahat. Namun setelah itu kita akan fokus kembali menghadapi Barito Putera," serunya. (AR)