Sudah enam pekan dijalani Borneo FC di kompetisi Liga 1 musim ini. Saat ini tim berjuluk Pesut Etam tersebut berada di peringkat tujuh klasemen sementara dengan koleksi 10 angka, hasil tiga kali menang, dua kali kalah dan sekali imbang. Secara hasil sampai saat ini memang tak terlalu mengecewakan. Namun jika melihat dari produktivitas gol, Borneo FC baru defisit satu gol. Kemenangan terbesar didapat saat bertemu Arema FC dan PSIS Semarang dengan skor 2-0. Selebihnya hanya menang 1 gol atas Kalteng Putra, serta kalah 0-3 dari Madura United dan bermain imbang 1-1 menghadapi Bhayangkara FC di pekan pertama.

Melihat dari catatan tersebut, barisan depan menjadi hal yang paling disorot. Sebab Borneo FC tak pernah menang lebih dari dua gol meski nyaris selalu bisa mencetak gol di setiap pertandingan. Dan dalam latihan kemarin, pelatih Mario Gomez lebih fokus membenahi masalah finishing touch atau penyelesaian akhir para pemain Borneo FC.

"Tim pelatih terus mantapkan taktik bermain. Ini tak hanya jelang menghadapi Barito Putra, tapi sebagai bentuk permainan yang diinginkan. Meskipun kita menang pasti juga ada catatan dan itu akan terus kita benahi. Penyelesaian akhir salah satunya," ujar Ahmad Amiruddin, asisten pelatih.

Matias Conti, Lerby Eliandry adalah dua pemain yang paling banyak mendapat porsi latihan ini. Namun pemain lain seperti Renan Silva, Ambrizal Umanailo, Rifal Lastori, Terens Puhiri, Sultan Samma dan pemain lainnya, juga mendapat banyak kesempatan untuk menyelesaikan peluang yang mereka dapatkan dalam latihan.

“Latihan fokus kepada itu (penyelesaian akhir), jadi semua pemain harus bisa memanfaatkan peluang sekecil apapun di depan gawang,” kata Amir lagi.

Di pertandingan terakhir melawan PSIS Semarang, Borneo FC sebenarnya bisa menang lebih dari dua gol. Namun rentetan peluang yang diperoleh, kerap gagal menjadi sebuah gol. Dua gol yang lahir pun bukan terjadi lewat open play, melainkan lewat set piece. Gol pertama melalui sepakan Renan Silva yang membentur mistar dan disambar Ambrizal Umanailo, kemudian penalti dari Matias Conti.

Sementara itu dalam latihan kemarin, beberapa pemain tak terlihat di lapangan. "Ada beberapa pemain yang menepi latihan bersama skuad utama, yakni Jan Lammers, Ichsan Kurbiawan dan Terens Puhiri. Mereka semua sedang dalam pemantauan dan perawatan dari fisioterapi tim. Jadi kita akan tunggu kabar mereka sampai jelang pertandingan nanti," pungkas Amir. (SU )