Duel dua tim asal Kalimantan, Borneo FC kontra Barito Putera besok sore di Stadion Segiri, bakal menjadi pertarungan dua tim yang tengah bangkit. Borneo FC menemukan kembali kepercayaan dirinya di pentas Liga 1, usai meraih angka penuh atas Kalteng Putra dan PSIS Semarang. Sementara sang tamu, justru tak pernah kehilangan angka di empat pertandingan yang sudah dijalaninya. Bahkan Evan Dimas Darmono dkk, berhasil memetik kemenangan pertama mereka saat menjungkalkan Bali United, Minggu (14/7) malam lalu.

Membaiknya performa Barito Putera inilah yang akan diwaspadai Pesut Etam. Tim asuhan Mario Gomez ini tak mau menjadi korban Laskar Antasari, setelah di tiga laga away tim asuhan Yunan Helmi tersebut selalu membawa satu angka.

"Kita sudah melihat bagaimana cara kerja Barito Putera di lapangan sejak ditanganin pelatih baru. Mereka juga sedang dalam grafik yang bagus. Ini yang harus kita waspadai. Apalagi ini derby, pastinya ada tekanan dan atmosfer yang lebih dari biasanya," kata asisten pelatih Ahmad Amiruddin, asisten pelatih Borneo FC.

Kekuatan tuan rumah sendiri dipastikan bertambah di laga ini. Sebab Terens Puhiri yang sebelumnya sempat mengalami cedera, dipastikan siap bermain. Artinya Mario Gomez akan punya banyak pilihan. Terlebih jika Sultan Samma yang sempat bermasalah dengan lututnya, juga bisa dimainkan di pertandingan ini.

"Kita ketambahan pemain yang pulih dari cedera, yakni Terens Puhiri. Ini bakal jadi opsi tambahan kita dalam membentuk strategi yang bakal kita terapkan nanti. Pelatih akan melihat pemain mana yang paling siap diturunkan. Soal rotasi, saya tak bisa katakan karena semua keputusan ada di tangan pelatih kepala,” ujar Amir, sapaan akrabnya.

Amir berharap apa yang sudah didapatkan tim saat ini, terutama soal performa dan kepercayaan diri, bisa terus berlanjut menghadapi Barito Putera. Sebab jika kemenangan bisa didapat, secara otomatis akan memperbaiki posisi tim di klasemen sementara.

"Mudahan kerja keras dan tren bagus kita di Liga 1 bisa terus belanjut. Dukungan masyarakat Samarinda yang datang ke stadion sangat dibutuhkan tim saat ini, guna lebih meningkatkan semangat dan mental bertanding untuk meraih angka penuh,” tegas Amir. (SU )