Pertama kali diadakan di tahun 2003, AQUA Danone Nations Cup ingin memberikan pengalaman bagi seluruh pesertanya untuk dapat berkompetisi secara fair play, gembira dan dapat mewakili merah putih di pentas Final Dunia.

AQUA DNC telah menjadi turnamen sepak bola terbesar anak usia 10-12 tahun di Indonesia. Pesertanya diikuti lebih dari 2,5 juta anak di 32 negara di 5 Benua. Turnamen ini akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2019 di Barcelona, Spanyol.

Tahun ini untuk region Kalimantan Timur yang babak penyisihannya digelar di Balikpapan pada 23-24 Maret lalu, Borneo FC U-12 lah yang akan mewakili ke tingkat nasional yang akan digelar pada 27-28 Juli di Stadion Soemantri Brodjonegoro. Bersaing dengan 9 tim lainnya di berbagai region, tim Pesut Muda ini bakal bersaing untuk dapat mewakili Indonesia di Barcelona pada medio Oktober mendatang.

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Handi Asmaradinata selaku Kepala Sekolah Nahusam FA mengatakan jika tim grass root dari Borneo FC ini harus menanti 4 tahun untuk bisa mewakili Kaltim di putaran nasional AQUA DNC 2019.

"Perjalanan kita selama ini bukan hal yang mudah, setelah penantian 4 tahun akhirnya Nahusam FA yang merupakan grass root dari Borneo FC berhasil mewakili ke final nasional. Kami hanya mengantarkan mimpi anak-anak melalui pembinaan. Karena proses pembinaan sepakbola bukan hal yang mudah, tidak instant," ujarnya.

Selain itu dirinya mengucapkan rasa terima kasih karena semua pihak dan akan terus berjuang untuk mewujudkan impian anak Kaltim. "Saya mengucapkan terima kasih dan mohon dukungan dari semua pihak yang dalam hal ini berkepentingan dalam pembinaan sepakbola usia dini. Mari kita bersama-sama mewujudkan impian anak Kaltim untuk bisa berlaga di pentas international," tegasnya.

Rencananya Borneo FC U-12 ini bakal bertolak ke Jakarta pada Kamis (25/7) dan berharap doa serta dukungan dari masyarakat Samarinda dan Kaltim agar bisa melangkah lebih jauh di AQUA DNC 2019 dengan menjadi wakil Indonesia di Barcelona nantinya. (SAN)