Dua kali bermain dan hanya memetik dua angka hasil dua kali imbang, membuat Borneo FC U-20 kini berusaha mengejar hasil positif di laga ketiga yang akan dimainkan Rabu (7/8) besok di Magelang, dalam lanjutan Liga 1 U-20 Grup C. Lemahnya penyelesaian akhir, menjadi salah satu kendala tim asuhan Ricky Nelson Gideon ini meraih hasil bagus. Sebab dalam dua kali pertandingan yang sudah dijalani menghadapi Kalteng Putra U-20 dan Bali United U-20, kesempatan memenangkan pertandingan sangat terbuka lebar. Sayangnya penyelesaian akhir menjadi masalah di tim ini.

Itulah sebabnya dalam beberapa hari terakhir, latihan terus difokuskan pada pemain di barisan depan. Artinya rangkaian skema bermain diakhiri dengan cara pemain depan mengakhiri setiap peluang yang mereka dapatkan.

“Kami memang memfokuskan latihan untuk para pemain depan. Ini menjadi catatan khusus bagi kami dari tim pelatih, karena selama dua pertandingan terakhir banyak peluang yang gagal membuahkan hasil menjadi gol. Padahal jika peluang mampu diselesaikan dengan baik, kita bisa mengakhir dua pertandingan awal dengan kemenangan,” ujar Ricky.

Terlepas dari masalah teknis bermain, Ricky juga menyoroti faktor non teknis yang ada pada pemain. Dalam dua laga awal, Ricky melihat pemainnya seperti terbebani harus menang dan itu membuat mereka tertekan. Dijelaskannya, kemenangan memang menjadi bidikan utama. Namun hal itu jangan dijadikan beban, karena sangat berpengaruh pada penampilan individu di lapangan.

"Saya terus merangsang anak-anak agar bisa lepas dari tekanan pertandingan. Jika bisa melewati ini semua, saya yakin kita bisa mendapat kemenangan perdana melawan Persipura," sebutnya.

Borneo FC U-20 sendiri sejak awal ditarget masuk final di kompetisi kelompok umur ini. Terlebih dalam dua musim terakhir, tim ini hanya mampu menembus babak semifinal. Dua kali hasil imbang jelas memperlambat kans lolos ke babak selanjutnya, meski peluang masih sangat terbuka.

"Hasil dua kali imbang ini bukan akhir dari segalanya, karena kita masih ada peluang untuk lolos dan kita masih sesuai dengan target. Kami akan terus membenahi tim ini agar bisa tampil lebih baik dan mencapa targat yang kita inginkan,” tegas Ricky. (SU)