Tingkat kepercayaan diri para pemain Borneo FC kini tengah berada di puncak. Hasil imbang di kandang Persib Bandung, meneruskan tren positif tak terkalahkan di 8 pertandingan terakhir. Kesempatan berada di jajaran papan atas di parus musim pun sangat terbuka saat ini. Pasalnya Pesut Etam akan melakoni dua pertandingan kandang menjamu Persipura Jayapura, serta Semen Padang. Jika dua kemenangan dari dua tim tersebut didapat, maka kans berada di posisi tiga semakin terbuka lebar. Meski demikian, jajaran pelatih tak mau pemain jemawa atas hasil yang sudah didapat. Sebab perjalanan kompetisi masih sangat panjang dan segala sesuatu masih bisa terjadi.

Ahmad Amiruddin, Asisten Pelatih Borneo FC kemarin siang mengatakan, kondisi dalam tim saat ini sangat baik. Poin satu dari kandang Persib, membuat pemain semakin termotivasi mendulang angka di setiap pertandingan.

"Sekarang tim sedang dalam motivasi yang sangat tinggi. Mereka tidak terkalahkan dan setelah ini kita punya dua pertandingan kandang. Kita harus bisa memanfaatkan itu untuk terus bisa bersaing di papan atas," ujar Amir, sapaan akrabnya.

Pelatih Mario Gomez pun kini punya banyak opsi dari sisi komposisi pemain. Bukan karena ada penambahan pemain, tetapi bisa diubahnya posisi dua pemain, yakni Firadus Ramadhan dan Wildansyah. Firdaus yang posisi aslinya sebagai stopper, bisa didorong menjadi gelandang bertahan. Sementara Wildan bisa digeser ke bek kanan, juga dari posisi aslinya di stopper. Hal ini menurut Amir sangat membantu, jika ada pemain di dua posisi yaitu gelandang bertahan dan bek kanan tak bisa diturunkan.

"Berkaca dari pertandingan lawan Persib, kita punya opsi untuk memindahkan beberapa pemain. Memang Firdaus dan Wildan bukan seorang gelandang bertahan dan bek kanan, namun keduanya pernah bermain di posisi tersebut sebelumnya,” papar Amir.

Saat masih membela Putra Samarinda dan Sriwjaya FC, Wildan memang bermain di bek kanan. Kemudian ia dimainkan menjadi stopper saat berlabuh di Borneo FC. Sementara untuk Firdaus, Iwan Setiawan adalah sosok yang memainkannya sebagai gelandang bertahan saat masih menukangi Pesut Etam beberapa musim lalu.

Sayangnya jelang dua pertandingan kandang, dua pemain masih belum bisa dipastikan kesembuhannya. Kedua pemain tersebut yakni bek kanan sekaligus kapten tim Diego Michelis serta legiun asing, Jan Lammers. "Di pertandingan selanjutnya beberapa pemain yg absen karena akumulasi sudah bisa bermain. Kita sekarang menunggu kondisi dari Diego Michiels dan Jan Lammers yang masih cedera. Satu pemain sudah pasti absen melawan Persipura, yaitu Sultan Samma karena sanksi kartu merah saat melawan Persib," papar Amir. (SU)