Kompetisi Liga 1 putaran pertama sudah berakhir bagi Borneo FC, meski mereka baru memainkan 16 laga dari 17 yang harusnya dimainkan. Ini setelah pertandingan kontra Persija Jakarta yang harusnya dimainkan di pekan keempat, kembali ditunda sampai awal bulan depan. Dan setelah pertandingan kontra TIRA-Persikabo, para pemainpun langsung mendapat jatah libur. Manajemen memutuskan memberi libur selama lima hari terhitung sejak kemarin, agar pemain bisa berkumpul dengan keluarganya masing-masing.

Meski demikian, semua pemain mendapat program latihan selama berada di kampung halamannya. Pelatih fisik Borneo FC, Rodrigo Pellegrino mengatakan, sebenarnya tak ada kata libur bagi pemain setelah putaran pertama berakhir. Sebab mereka tetap harus menjalani latihan. Bedanya, latihan mereka tak bersama rekan satu tim.

“Selama libur lima hari saya sudah beri mereka menu latihan yang harus dijalankan di rumah masing-masing. Pelatih kepala tidak mau setelah liburan, kondisi fisik mereka menurun. Karena jadwal pertandingan setelah ini bakal padat," ujar Rodrigo.

Namun tak program yang diberikan tak sama kepada semua pemain. Sebab ada beberapa pemain yang harus menjalani program khusus, karena tengah menjalani perawatan atau pemulihan cedera.

"Ada pemain yang secara khusus kita berikan program khusus seprti Ichsan Kurniawan, Diego Michiels, Terens Puhiri dan Javlon Guseynov. Ada beberapa program yang harus mereka jalankan. Jadi saat kita mau mereka sudah siap saat menjalani TC di Batu," lanjut Rodrigo.

Ultimatum lebih keras disuarakan Mario Gomez kepada para anak asuhnya. Pelatih asal Argentina tersebut mengaku, tak mau saat pemain kembali berkumpul kondisinya menurun. Sebab itu akan membuat program yang harusnya dijalankan saat pemusatan latihan jadi terganggu.

"Sebelum pemain pulang, saya sudah bilang mereka harus jaga kondisi dan harus kembali dengan fisik yang stabil. Saya tidak mau mereka menurun fisiknya. Kalau kondisi mereka menurun, saya sudah siapkan program khusus bagi mereka di bulan Oktober dan November. Itu konsekuensinya," tegas Gomez. (SU)