Jelang putaran kedua Liga 1 2019, Borneo FC setidaknya mendapat kabar yang cukup membanggakan. Sebab, Borneo FC menjadi klub Liga 1 2019 paling populer di televisi setelah Persib Bandung. Ini berdasarkan rilis dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait data penonton rating televisi dan TV Share selama putaran pertama Liga 1 2019.

Kendati Borneo FC menutup putaran pertama liga 1 2019 di peringkat ke-6 dengan raihan 25 poin, Pesut Etam setidaknya ditonton lebih banyak di televisi setelah Persib Bandung. TV rating pertandingan Borneo FC sebesar 3,30, hanya kalah dari Persib Bandung yang meraih angka 3,56 pada rating TV setiap pekannya. Sedangkan di posisi ketiga ada Perseru Badak Lampung FC dengan angka 3,20 rating TV.

"Cukup membanggakan kalau liat raihan ini, ini memperlihatkan kalo Borneo FC menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat di Indonesia. Tim ini mempunyai nilai jual untuk penonton," ujar Novi Umar, Chief Marketing Borneo FC.

Perlu diketahui, angka tersebut mencerminkan persentase penonton layar kaca yang menonton pertandingan klub tersebut. Sebagai contoh, Borneo FC yang memperoleh rating 3,30, itu artinya 3,30% dari jumlah penonton yang menyaksikan layar kaca, menonton pertandingan Borneo FC.

Tapi selain raihan ini, juga ada harapan agar masyarakat bisa mendukung Borneo FC saat bertanding di kandang. "Raihan rating TV ini harusnya imbang dengan jumlah penonton di kandang, kita berharap seperti itu," pungkasnya. (SAN)