Ditundanya laga Persebaya kontra Borneo FC jelas membawa dampak bagi Borneo FC. Salah satunya adalah masa istirahat pemain yang menjadi lebih panjang dari biasanya. Sebab usai melawan Persija, Jumat (27/9) malam, pemain praktis punya waktu rehat selama sepekan sebelum menghadapi Persija Jakarta 6 Oktober mendatang.

Namun di sisi lain, tim pelatih juga harus memikirkan dampak negatif dari penundaan tersebut. Sebab ini akan berimbas pada semakin padatnya jadwal pertandingan mendatang. Ahmad Amiruddin, asisten pelatih Borneo FC mengatakan, fokus tim saat ini langsung diarahkan lawan Persija. Hasil pertandingan di Stadion Segiri, menjadi bahan evaluasi utama timnya untuk menghadapi lawan yang sama.

"Saat ini pemain langsung mengalihkan perhatian menuju lawan Persija pada 6 Oktober mendatang. Sebuah laga yang penting bagi kita untuk terus berada di papan atas. Jadi semua harus fokus ke sana. Ada beberapa kesalahan dilakukan pemain di pertandingan tersebut. Dan itu akan menjadi bahan evaluasi kami saat ini,”ujar Amir.

Sulitnya, di pertandingan nanti Borneo FC sudah pasti tak diperkuat dua pemain utamanya. Nadeo Argawinata dan Lerby Eliandri dipastikan absen karena menjalani pemusatan latihan timnas. Padahal di pertemuan pertama, Nadeo beberapa kali melakukan penyelamatan penting. Sementara Lerby adalah pemain yang menentukan kemenangan.

"Tanpa ada Nadeo dan Lerby yang dipanggil membela negara, tim pelatih akan menyiapkan pemain yang ada. Mario Gomez pun sudah sangat percaya kepada seluruh pemain yang ada. Terbukti sampai pekan 20, tidak ada starting eleven yang sama. Selalu ada rotasi," tambah Amir, sapaan akrab Ahmad Amiruddin.

Matias Conti yang mengalami cedera sebelum laga kontra Persija, diharapkan sudah fit di laga nanti. Sementara di pos penjaga gawang, kiper muda lainnya yakni Gianluca Pandeynuwu akan menjadi pengganti Nadeo. Musim ini Gian memang belum sekalipun mendapat kesempatan bermain.

Namun menurut Luzinho Passos, pelatih kiper Borneo FC, semua penjaga gawang di Borneo FC saat ini punya kemampuan sama baiknya. “Tak ada masalah tanpa Nadeo. Saya pikir Gianluca punya kemampuan kurang lebih sama. Dan di pertandingan lawan Persija, jika Gianluca dalam kondisi bagus, maka ia punya kesempatan memperlihatkan kemampuannya,” kata Passos. (AR)