Borneo FC akan melakoni laga tandangnya kontra Persebaya Surabaya pada Jumat (11/19) pukul 19.30 Wita di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. Berbagai persiapan telah dilakukan, salah satunya dengan menjalani latihan di Surabaya sejak 7 Oktober 2019 lalu.

Dikatakan Charis Yulianto selaku asisten pelatih Borneo FC dalam konferensi pers jelang laga, Kamis (10/10) sore mengatakan timnya sudah sangat siap untuk curi poin di kandang Bajul Ijo. "Secara tim persiapan cukup bagus, mulai dari teknik dan taktik untuk hadapi Persebaya nantinya. Kita juga datang lebih awal ke Surabaya sejak Senin. Semua pemain dalam keadaan siap dan sepakat untuk curi poin di Surabaya," katanya menggantikan pelatih kepala Mario Gomez yang berhalangan hadir.

Dalam laga kandang Borneo FC jamu Persebaya pada putaran pertama, 23 Juni 2019 lalu, Borneo FC harus gigit jari usai kalah 1-2 dalam laga tersebut. Dikatakan Charis, hasil tersebut bukan menjadi patokan. Meski begitu, Charis menegaskan pasukannya akan perbaiki hasil laga sebelumnya dengan berusaha maksimal. Apalagi Pesut Etam tengah dalam tren positif musim ini, dari 20 laga kantongi 8 kemenangan, 9 imbang, dan 3 kekalahan.

"Tentunya Coach Gomez sudah persiapakan ini. Kami tidak memandang Persebaya sebelah mata, kami tetap optimistis dengan kekuatan kami. Serta ingin jaga tren positif dan posisi kami di klasemen. Yang pasti jalani instruksi sesuai arahan pelatih," serunya.

Borneo FC juga cukup mewaspadai calon lawannya tersebut. Meski diketahui akan 'sama-sama pincang', dalam artian ada pemain pilar dari kedua tim yang absen lantaran dipanggil untuk perkuat Tim Nasional (Timnas). Bahkan salah satu pemain senior Borneo FC yang berposisi bek kiri, Abdul Rahman pun harus absen lantaran cedera.

"Persebaya ini tim kuat, kondisi Persebaya tetap kita waspadai. Dan saya ingin menjaga keinginan pelatih dan dapat poin dalam laga nanti. Pemain kita ada yang absen, dua pemain dipanggil Timnas. Saya tekankan seluruh pemain kita bermain dengan fair play tinggi," jelasnya.

Absennya kiper Nadeo Argawinata yang dipanggil Timnas U-23 tentu akan menjadi sedikit masalah. Pasalnya, Nadeo lebih banyak tampil sebagai starting dalam laga musim 2019 ini. Namun dikatakan Charis, kiper pengganti, Gianluca akan dipercaya untuk menjaga dibawah mistar gawang Borneo FC. "Nanti Gianluca akan lebih fokus di bawah mistar gawang, saya percaya dia bisa tampil dengan baik," ucapnya. (AR)