Perjalanan Borneo FC sejauh ini bisa dikatakan sebagai sebuah pencapaian yang luar biasa. Sebab dengan materi pemain muda, ditambah beberapa pemain senior, Pesut Etam kini menjadi salah satu pesaing di jajaran papan atas. Bahkan tim-tim sarat pengalaman seperti Persija Jakarta, Arema FC dan Persebaya pun tak bisa merebut angka sempurna dari tim asuhan Mario Gomez ini. Asa menembus posisi 3 besar pun kini seolah semakin nyata.

Dan apa yang sudah didapat Borneo FC saat ini, membuat banyak tim berusaha memberikan kekalahan dalam setiap pertandingan. Itulah sebabnya, Gomez meminta kepada pemainnya untuk terus fokus pada setiap pertandingan. Sebab tekanan yang didapat di setiap laga selalu berbeda. Jika pemain kehilangan konsentrasi, maka masalah akan dihadapi pada pertandingan tersebut.

“Kita harus fokus pada tim sendiri, bukan pada kekuatan lawan. Posisi kami saat ini bikin orang ingin mengalahkan. Jadi kami harus terus berkembang jika tidak ingin tergeser dari papan atas sekarang,” ujar Gomez.

Dikatakan Gomez, salah satu yang membuat timnya bisa tampil bagus selama ini adalah, keinginan pemain untuk memberikan kemampuan terbaiknya dalam latihan. Sejak awal Gomez sudah mengingatkan kepada pemainnya, bahwa dirinya tak pernah melihat ada pemain bintang dalam tim. Semua pemain dianggapnya sama, baik itu senior ataupun junior selama mampu total dalam latihan. Sebab ujarnya, jika pemain total dalam latihan maka pemain tersebut sangat siap untuk dimainkan.

“Tidak ada yang menyangka dengan apa yang kita dapatnya selama ini sebelumnya. Tapi tim ini selalu memberikan lebih dalam latihan dan pertandingan, sampai akhirnya kami bisa seperti sekarang. Tapi yang harus diketahui, mempertahankan bakal sulit, jadi pemain harus terus berkembang di setiap latihan dan pertandingan,” terangnya.

Dan kini satu pertandingan sangat berat sudah menanti Borneo FC, yakni menghadapi Bali United, Jumat (18/10) malam di Stadion Segiri. Secara statistik keseluruhan, kedua tim berada dalam top performa yang sama. Namun Bali United adalah tim yang menghentikan streak tak terkalahkan Borneo FC. Saat itu Sultan Samma dkk tak kalah dalam 10 pertandingan, sampai akhirnya Bali United memberikan kekalahan1-2 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

“Itu adalah pertandingan yang sangat penting. Kita liat nanti seperti apa lawan mereka nanti. Yang jelas kami akan mempersiapkan tim ini secara maksimal sampai latihan terakhir,” tegas Gomez. (AR)