Borneo FC sukses pecundangi tim peringkat 1, Bali United usai menang 6-0 dalam laga lanjutan Liga 1 2019 yang berlangsung Jumat (18/10) malam di Stadion Segiri Samarinda. Hujan gol Borneo FC dicetak oleh Lerby Eliandry menit 34, Renan Silva menit 55 dan 75, Terens Puhiri menit 60 dan 89, serta Rifal Lastori menit 85.

Laga berlangsung sengit, sejatinya di babak pertama tim tamu Bali United mampu imbangi permainan Borneo FC. Borneo FC sendiri hanya unggul 1 gol dibabak pertama lewat gol sundul dari Lerby Eliandry menit 34.

Memasuki babak kedua, tensi permainan semakin panas. Pesut Etam terus menggempur pertahanan Serdadu Tridatu malam itu. Lini belakang Bali United mulai keteteran, Borneo FC pun terus manfaatkan kesempatan. Renan membuka gol kedua di menit 55 babak kedua lewat umpan matang Lerby Eliandry.

Tidak sampai di situ, 5 menit berselang, tepatnya menit 60, pemain sayap Terens Puhiri ikut menyobek gawang yang dijaga kiper Timnas Wawan Hendrawan, skor pun kembali berubah 3-0. Permainan semakin panas, Bali United yang dinahkodai coach Teco pun terus coba menusuk pertahanan Borneo FC yang dijaga ketat Javlon Guseynov dan Juan Alsina.

Renan Silva kembali membuktikan dirinya sebagai gelandang serang produktif Borneo FC, gol keduanya menit 75 lewat umpan matang Terens menambah keunggulan Borneo FC. Ketinggalan 4-0 membuat permainan Bali United semakin kendor.

Lini depan Bali United pun tidak mampu ciptakan keunggulan, apalagi kiper Gianluca tampil gemilang malam itu, tercatat 4 kali penyelamatan dilakukannya malam itu. Tidak sampai disitu, Rifal Lastori yang masuk gantikan M. Sihran juga berhasil menambahkan gol usai menggocek kiper Wawan Hendrawan tepat di depan gawangnya menit 85, skor 5-0.

Seakan tidak puas, lagi-lagi Terens Puhiri memanfaatkan kecepatannya dan kendornya lini belakang Bali United, dapat umpan matang dari Renan Silva, Terens kembali cetak gol keduanya menit 89, skor kembali berubah 6-0. Skor tersebut bertahan hingga tiupan panjang wasit Adi Riyanto asal Jawa Tengah.

Dengan kemenangan besar ini, pelatih Borneo FC, Mario Gomez mengungkapkan rasa senangnya. Mengapa tidak, menang 6-0 adalah kemenangan besar timnya malam ini dan mematahkan sejarah mereka.

"Saya senang dan bangga kepada pemain yang sudah menang dari Bali United dengan skor besar, ini buat sejarah karena Bali United adalah tim besar. Pemain juga sudah bekerja keras dalam latihan mereka juga kerja keras, hasil ini penting untuk hadapi laga selanjutnya," ungkapnya usai laga.

Memang kemenangan 6-0 malam tadi menjadi skor terbesar Borneo FC pada musim 2019 ini, bahkan juga menjadi kekalahan terbesar Bali United. Namun bagi Gomez laga telah berakhir timnya wajib fokus laga selanjutnya, meski pemain tetap harus menikmati kemenangan tersebut.

"Rekor baru tentu sangat bagus. Tapi ini sudah berakhir, kita akan menatap laga selanjutnya. Lawan Kalteng Putra kita harus persiapkan dengan baik. Skor 6-0 itu sangat menyenangkan bagi kita," serunya. (AR)