Perjalanan Borneo FC hingga sampai saat ini masih on the right track. Kesempatan finish di peringkat ketiga atau bahkan kedua, sangat terbuka lebar. Saat ini Borneo FC sudah memainkan 24 pertandingan dengan koleksi 41 angka dan berada di peringkat ketiga.

Dari 18 tim yang berlaga di Liga 1, Borneo FC menjadi salah satu tim dengan tingkat kesuburan tinggi. Borneo FC sudah mengoleksi 41 gol dan kemasukan 27. Jumlah tersebut hanya kalah dari Arema FC (47 gol), TIRA Persikabo (43) dan Madura United (42). Menariknya, meski banyak mencetak gol namun tak ada satu pemain yang sangat mendominasi. Renan Silva menjad yang terbanyak dengan 11 gol, disusul Lerby Eliandri (10) dan Terens Puhiri (7).

Lerby mengatakan, semua pemain di Borneo FC memang punya kesempatan mencetak gol, karena tim memang tak mengandalkan satu atau dua pemain dalam hal urusan menjebol gawang lawan tersebut. “Yang kami utamakan adalah kerja sama, bukan kemampuan individu,” terang Lerby.

Dijelaskannya, siapa saja yang mencetak gol di Borneo FC bukan masalah bagi semua pemain. Sebab, semua sudah sepakat untuk mengutamakan hasil positif tim dibandingkan hasil per permain. “Bagi kami siapa saja yang bikin gol tak masalah. Kami tak pernah memusingkan hal itu. Mau rekor atau top skor kami tak mau tahu. Karena kalau memikirkan hal tersebut, prestasi tim bisa anjlok,” ujar Lerby.

Saat disinggung mengenai persiapan jelang laga kontra Barito Putera besok malam, Lerby mengaku sampai saat ini kondisi dirinya dan pemain lain sangat bagus. Lerby menyebut, partai nanti akan menjadi salah satu pertandingan sulit yang akan dijalani Borneo FC. Sebab tuan rumah disebutnya punya kekuatan bagus saat ini. Lini belakang Barito Putera yang saat ini diperkuat Cassio de Jesus, disebutnya sangat tangguh.

“Tapi secara umum semua tim di Liga 1 sama kuatnnya. Tapi seperti saya katakan tadi, saya tak pernah memikirkan kekuatan bek-bek lawan. Saya fokus pada tim sendiri. Bagaimana menyatukan kerja sama tim lebih penting dari memikirkan lawan. Karena ya itu, semua tim kuat dan kesempatan untuk menang sama besarnya. Jadi saya tak pernah memikirkan lawan sebelum bertanding,” terangnya.

Namun Lerby yakin kesempatan dapat poin terbuka di kandang Barito Putera. Kuncinya adalah, kerja sama dan kerja keras sepanjang pertandingan wajib dilakukan para pemain. “Selama ini kami sudah melakukan itu dan akan terus begitu sampai akhir musim ini,” tegasnya. (AR)