Pertemuan Borneo FC kontra Barito Putera selama ini selalu menghadirkan pertarungan menarik. Dari beberapa musim terakhir, setiap pertemuan selalu menghadirkan pemenang. Dan pemenangnya selalu diterima kubu tuan rumah. Selisih gol pun tak pernah lebih dari 1.

Pada pertemuan terakhir di Stadion Segiri, Borneo FC menang dengan skor 4-3. Empat gol saat itu lahir dari kaki Asri Akbar, Terens Puhiri, Renan Silva (58’) dan Matias Conti. Sementara gol Barito Putera diciptakan Rizky Pora, Gavin Kwan Adsit dan Rafael Silva.

Malam nanti di Stadion Demang Lehman, Martapura, pukul 19.30 Wita, kedua tim berambisi untuk membungkus kemenangan. Laga bertajuk Derby Papadaan di pekan ke-25 bagi Borneo FC ini, memiliki misi beda bagi kedua tim. Barito Putera masih terus berjuang menjauhi zona degeradasi, sementara Borneo FC ingin terus berada di jajaran papan atas sampai akhir musim.

“Pertandingan penting dan saya pikir sangat berat. Ini laga derby, jadi pasti akan sengit di setiap menitnya,” ujar Mario Gomez, arsitek Borneo FC.

Gomez mengatakan, mepetnya waktu setelah pertandingan kontra PSIS Semarang memang tak membuat pemain fresh. Namun hal tersebut juga akan dialami Barito Putera. “Tiga poin akan sangat penting bagi kami dan juga Barito Putera. Kami akan coba terus menekan di papan atas dengan tiga angka yang kami incar di sini. Sedangkan Barito Putera juga ingin mengamankan posisi mereka di Liga 1 musim depan,” sebut Gomez.

Dengan 9 pertandingan tanpa terkalahkan saat ini, Gomez berharap pemainnya bisa terus menjaga performa tersebut. Sebab jika sampai tergelincir, maka posisi di klasemen bisa disalip tim lain. Saat ini Persipura Jayapura adalah tim yang paling berpotensi menggeser Borneo FC di peringkat ketiga.

“Tapi dimanapun kami bermain, kami selalu menginginkan tiga angka. Nanti pun sama. Kami ingin meraih tiga angka, atau minimal satu,” terangnya.

Di pertandingan ini, Borneo FC masih tetap tak bisa diperkuat striker asing Matias Conti serta kapten tim Diego Micheils. Namun Gomez yakin dengan deretan pemain yang ada sekarang, skuad Pesut Etam bisa memberikan perlawanan pada tuan rumah. “Pemain yang ada sekarang sudah sangat siap dan saya pikir itu sangat penting untuk menghadapi pertandingan melawan Barito Putera,” tegasnya.

Terpisah Terens Puhiri mewakili rekan-rekannya mengaku, bertemu Barito Putera menjadi salah satu pertandingan berat bagi timnya. Terlebih ini pertandingan tandang dan menghadapi sesama tim Kalimantan.

“Tapi kami dari pemain siap dan akan kerja keras. Kerja keras kami harus dua kali lipat menghadapi pertandingan ini. Tapi kami percaya pada pelatih, yang akan memberikan taktik dan strategi tepat untuk pertandingan nanti,” ujar Terens. (AR)