Mengantongi dua kemenangan di dua laga perdana babak 16 Besar Grup M Divisi Utama 2014 membuat kans Pusamania Borneo FC (PBFC) untuk lolos ke babak berikutnya menjadi sedikit lebih ringan. Rabu (10/9) malam, PBFC kembali akan bertanding, kali ini Stadion Segiri Samarinda akan kedatangan Laskar Alas Ketonggo, Persinga Ngawi.


PBFC memang belum terkalahkan ketika bermain di Teather of Hell, tapi jangan terlalu dini memprediksikan Pesut Etam bakal menang mudah. Persinga tidak bisa dianggap remeh walau sebagian besar hanya bermaterikan pemain lokal asli Ngawi (baca: Tilik Tim Lawan (Persinga Ngawi): Materi Biasa, Motivasi Luar Biasa). Sebelum bertandang ke Samarinda, mereka berhasil menahan imbang Persiwa 3-3. Tim asuhan Istiko Susanto ini bahkan sempat unggul 1-3 terlebih dahulu.


Saat ini PBFC sedang dalam top form. Di pertandingan sebelumnya Pesut Etam berhasil mencukur Persiwa 3-0 dan menang 0-2 di kandang Persebo. Berhasil menyarangkan lima gol dan belum kemasukan selama dua laga di Babak 16 Besar semakin memacu penggawa PBFC. Poin penuh pun kembali dibidik saat bersua Persinga.


Pelatih PBFC, Iwan Setiawan, mengaku bahwa dirinya buta kekuatan Laskar Alas Ketonggo. Namun, dirinya tetap optimis PBFC bisa meraih poin penuh. "Tim seperti ini akan bermain dengan fighting spirit yang tinggi. Jadi, untuk sementara gambaran awal saya tentang Persinga adalah seperti itu. Insya Allah kita bisa mematahkan kolektifitas permainan mereka dan memenangkan pertandingan,' ucap Iwan.


Persinga Ngawi yang sejak beberapa hari lalu sudah tiba di Samarinda datang dengan hanya membawa 14 pemain. Dipimpin langsung oleh pelatihnya, Istiko Susanto, Persinga melakukan ujicoba lapangan di Stadion Segiri, Selasa (9/9) pagi. "Kami siap tempur, anak-anak dalam kondisi bagus setelah berhasil menahan Persiwa Wamena. Selain itu, kami ingin jaga tren positif," urai sang pelatih.


PBFC dan Persinga untuk sementara hanya terpaut dua poin. PBFC sebagai pemuncak Grup M dengan 6 poin mengungguli Persinga di peringkat kedua dengan poin 4. Bermain di kandang sendiri kans besar bagi PBFC meraih poin sempurna. Kemenangan mutlak harus diraih. Jayalah Pesut Etam! (Zai)