Kemenangan Persipura Jayapura atas PSIS Semarang kemarin sore, langsung berdampak pada posisi Borneo FC di klasemen sementara. Ya, Persipura menggeser Pesut Etam dari peringkat kedua dengan selisih hanya satu angka, yakni 46 dan 45. Peluang kembali ke posisi semula masih terbuka bagi Sultan Samma dkk, karena masih menyisakan satu pertandingan menuju pekan ke-30 ini. Kemenangan atas TIRA Persikabo adalah kunci mengembalikan posisi tersebut. Duel Borneo FC kontra TIRA Persikabo, akan dihelat besok sore di Stadion Segiri.

"Sekarang kami fokus pada laga kandang lawan TIRA Persikabo. Kami tak mau gagal lagi di kandang, karena kami sudah terlalu banyak kehilangan poin di kandang sendiri. Harusnya kami bisa memanfaatkan semua laga kandang, karena kami mendapat dukungan dari suporter,” ujar Ahmad Amiruddin, asisten pelatih.

Tiga angka jelas jadi bidikan Borneo FC. Namun jangan sampai kesalahan demi kesalahan kembali dilakukan pemain, seperti pertandingan sebelumnya saat kehilangan poin di kandang. Evaluasi barisan belakang yang kerap kecolongan lewat serangan balik lawan, menjadi salah satu evaluasi yang dilakukan tim pelatih.

"Ada beberapa evaluasi kami lakukan, termasuk setelah melihat hasil pertandingan lawan PSM. Kami menyoroti sistem pertahanan. Kalau dilihat memang agregat kami terbaik kedua setelah Bali United, tapi catatan clean sheet kami minim dan itu harus dikurangi dalam 4 pertandingan terakhir," beber Amir.

Meski diunggulkan menang lawan TIRA Persikabo, Amir tak mau pemainnya lengah. Sebab biar bagaimanapun tim datang dengan ambisi ingin mengakhiri catatan buruk mereka saat in. TIRA Persikabo juga sempat menjadi salah satu kandidat juara, setelah mampu memimpin klasemen Liga 1 sampai putaran pertama berakhir. Namun usai kekalahan telak di kandang Persela Lamongan, permainan TIRA Persikabo langsung terjun bebas.

"TIRA Persikabo pasti datang dengan semangat tinggi. Mereka 15 kali tanpa menang dan bakal ngotot untuk mengakhiri tren buruk tersebut. Kami harus mengantisipasi semangat lawan,” pungkasnya. (SU)