Laga pamungkas Borneo FC di kandang sendiri besok malam akan menjadi pertandingan sengit. Sebab lawannya adalah Persib Bandung, salah satu tim besar Indonesia dengan catatan panjang sejarahnya. Namun di musim ini, Persib bukanlah lawan yang awam bagi Borneo FC. Sebab tercatat sudah tiga kali kedua tim bertemu. Itulah sebabnya, cara bermain kedua tim sudah dikantongi masing-masing pelatih.

Dari tiga kali pertemuan terakhir tersebut, kedua tim masih sama kuat, yakni Persib menang 3-1 pada 21 April 2018, kemudian dibalas 1-0 pada saat Borneo menjamu Persib pada 17 September 2018 dan imbang 2-2 saat Persib menjadi tuan rumah di 14 Agustus 2019.

"Kami sudah mengenal bagaimana Persib bermain, begitu juga Persib. Mereka mengenal cara bermain kami seperti apa. Ini karena di musim ini kami sudah 3 kali. Dan Rabu malam nanti menjadi pertemuan ke empat. Jadi pertandingan akan berjalan sengit dan ketat,” ujar Ahmad Amiruddin, asisten pelatih Pesut Etam kepada harian ini kemarin.

Namun Borneo FC punya catatan bagus selama ini saat bertemu Persib di stadion Segiri. Sebab tim berjuluk Maung Bandung itu tak sekalipun mampu mencuri poin. Sementara Borneo FC sudah dua kali merasakan hasil imbang di Bandung. Yang pertama terjadi pada 20 Maret 2017, saat laga berkesudahan imbang 2-2.

Rekor tak pernah kalah di kandang melawan Persib, menjadi salah satu motivasi bagi Borneo FC untuk menuntaskan laga kandang dengan kemenangan. Selain itu, kemenangan akan sangat penting untuk menjaga kans lolos sebagai runner up pada klasemen akhir nanti.

Namun menurut Amir, hasil tak pernah menang Persib tak bisa dijadikan patokan. Sebab situasi di setiap pertandindingan akan selalu berbeda. "Rekor tak pernah menang Persib di Samarinda saya pikir hanya sebuah catatan masa lalu. Kami tak boleh terlena dengan catatan pertemuan itu. Karena seperti coach Gomez bilang, setiap pertandingan memiliki atmosfer berbeda dan tekanan berbeda juga," bebernya.

Satu hal yang membuat Borneo FC bersemangat menyambut laga ini adalah, tuntutan harus menang demi menjaga asa di klasemen akhir. "Fokus dan semangat juang yang lebih bakal jadi pembeda kami di laga lawan Persib. Motivasi untuk terus menjaga jarak dengan para pesaing yang terus mengintip posisi Borneo FC di klasemen, menjadi semangat tambahan selain ingin menuntaskan pertandingan kandang terakhir dengan kemenangan,” tegas Amir. (SU)