Tak bisa dipungkiri, perjalanan Borneo FC musim ini di Liga 1 sangat mengesankan. Tak ada satupun menyangka, tim yang diarsiteki Mario Gomez ini bisa memperlihatkan penampilan luar biasa di Liga 1. Dibandingkan dengan tim-tim lain seperti Madura United, Persib Bandung, Persija Jakarta, Bhayangkara FC, Persebaya dan Arema FC, materi pemain Borneo Fc bisa dibilang biasa-biasa saja. Bahkan deretan pemain muda banyak dimainkan selama putaran kedua, seiring cedera yang menghantam beberapa penggawa senior. Namun pelan tapi pasti, Gomez berhasil memadukan tim senior dan junior ini dengan baik. Hasilnya, mereka bisa bersaing di papan atas jelang berakhirnya kompetisi musim ini.

Salah satu pemain reguler Borneo FC, Ambrizal Umanailo pun mengaku sangat puas atas pencapaian tim sampai saat ini. Dikatakannya, kerja keras seluruh pemain membuat tim bisa menjadi kuat dan bersaing di papan atas. Sepanjang musim ini, perjalanan Borneo FC disebutnya sangat luar biasa.

"Ini menjadi musim fantastis bagi kami setelah musim lalu kami selesai di peringkat 7. Semoga di musim ini kami bisa berada di peringkat yang lebih baik. Kami punya kesempatan berada di peringkat dua dan kami akan paksa untuk mendapatkan itu," ujar pemain yang sudah dua musim membela Borneo FC tersebut.

Meski sudah menjalani musim bagus sejauh ini, Umai, sapaan akrabnya, tak mau tim terlena jelang dua pertandingan terakhir. Terlebih dua laga pamungkas akan sangat menentukan di mana posisi Pesut Etam berada di klasemen akhir nanti.

Menghadapi Semen Padang yang sudah terdegradasi, disebut Umai menjadi salah satu ujian sebelum ujian sesungguhnya melawan Persipura Jayapura. Borneo FC dikatakannya tak boleh kehilangan angka di Padang.

"Predikat tim degradasi Semen Padang harus kami singkirkan. Kami tetap anggap mereka tim bagus apalagi mereka bermain di kandang sendiri. Jelas motivasi mereka lebih untuk memberikan yang terbaik bagi suporternya, karena melawan kami adalah pertandingan terakhir mereka di kandang,” ujarnya lagi.

Umai berharap bisa merealisasikan target manajemen, serta memberikan kebangaan pada warga Samarinda dan suporter yang tergabung dalam Pusamania. "Semoga kami bisa meraih poin penuh di pertandingan nanti. Kami berharap doa dan dukungan dari masyarakat Samarinda,” pungkasnya. (SU)