Tersentak oleh gol Slamet Hariyadi di menit ke 19, Pusamania Borneo FC langsung tersengat dengan memberondong lima gol balasan ke gawang Persinga. Kemenangan telak 5-1 semakin memantapkan PBFC di pucuk klasemen sementara Grup M dengan poin sempurna 9.


PBFC yang menjamu Persinga Ngawi dalam lanjutan Babak 16 Besar Grup M Divisi Utama di Stadion Segiri Samarinda sempat tertekan di sepuluh menit pertama.


Serangan demi serangan skuad besutan Istiko Susanto ini pun membuahkan hasil lewat gol cantik top skor mereka Slamet Hariyadi. Bola lob nya tidak mampu dijangkau Juni Irawan. Gol ini juga mematahkan rekor cleansheet Juni selama babak 16 besar.


Tidak ingin malu di depan suporter setianya, Pesut Etam akhirnya bisa membalas lewat gol Danilo Fernando di menit 32. Eksekusi free kicknya meluncur deras ke gawang Persinga yang dikawal Erik Ardiles.


Pelanggaran-demi pelanggaran yang dilakukan lini belakang Persinga harus dibayar mahal. Memanfaatkan free kick, bola ditanduk Febri Setiadi Hamzah untuk membalikkan keadaan menjadi 2-1 bagi PBFC di menit ke 40.


Alih-alih menyamakan kedudukan, Persinga Ngawi kembali kebobolan. Lagi-lagi kesalahan lini belakang Persinga dalam mengawal pemain PBFC membuahkan pelanggaran di kotak penalti.


Eksekusi penalti Fernando Soler di menit 44 yang sebenarnya bisa ditepis Erik Ardiles tetap meluncur masuk ke gawang. Skor 3-1 untuk keunggulan PBFC menutup babak pertama. "Kami tahu lawan sangat kelelahan karena habis bertanding di Wamena. Meski kami sempat diserang dimenit awal, tapi kami tahu mereka akan cepat habis, disaat itulah kami lakukan serangan sporadis," tutur asisten pelatih PBFC, Ashari.


Hal itu terbukti dibabak kedua, baru saja peluit dibunyikan tanda dimulai laga, Feri Aman Saragih semakin membuat PBFC di atas angin. Free kick dari sudut sempit tidak bisa dihalau Erik Ardiles. Bola kembali bersarang di gawang Persinga. Ari Priatna tidak mau ketinggalan, ia turut merayakan pesta gol Pesut Etam pada menit ke-67.


Di sisa pertandingan banyak peluang yang diciptakan PBFC, namun tidak satupun yang berhasil membuahkan gol. Skor 5-1 bertahan sampai wasit meniupkan peluit panjang. Dan selangkah lagi Pesut Etam akan memastikan diri lolos ke babak 8 besar. Bravo PBFC! (Zai)