Laga penentu apakah Borneo FC bisa berada di peringkat kedua klasemen akhir, memang masih harus ditentukan sampai pertandingan terakhir melawan Persipura Jayapura. Saat ini Persipura di peringkat kedua dengan poin 52, usai kemarin mengalahkan Barito Putera 1-0. Sementara Borneo FC di posisi kedua dengan koleksi 49 angka, dengan jumlah laga satu lebih sedikit dibandingkan Mutiara Hitam.

Namun laga sore ini menghadapi Semen Padang di Stadion H Agus Salim, Padang, bisa menjadi kesempatan terakhir Pesut Etam untuk meraih mimpi sebagai runner up. Ya, jika sampai kalah, maka kesempatan memburu posisi terbaik setelah Bali United bisa dikatakan sangat kecil.

Itulah sebabnya, Mario Gomez, arsitek Borneo FC menganggap partai sore ini menjadi sangat penting bagi timnya. Meski calon lawan sudah tak ada peluang bertahan di Liga 1 musim depan, namun Gomez tetap mamandang tuan rumah punya potensi mengalahkan mereka.

“Bagi kami tentu saja ini laga yang penting. Karena kami ingin tetap bertahan di posisi kedua dan kami butuh tiga poin untuk bisa finish di posisi kedua di akhir kompetisi. Ini penting sekali bagi kami. Saya tahu juga laga penting bagi Semen Padang karena ini laga terakhir mereka di kandang. Tapi bagi kami, sangat penting untuk bisa mendapatkan tiga poin,” ujar Gomez kepada awak media.

Gomez mengaku tetap respek dan menghormati Semen Padang dengan segala kekuatannya. Namun baginya, kemenangan sore ini di atas segalanya. Jadi ia berharap seluruh pemain yang diberi kepercayaan, bisa memberikan kemampuan terbaik. “Semen Padang adalah Semen Padang. Kami menghargai mereka. Tapi, bagi kami ini tiga poin yang penting. Karena ini yang terpenting bagi saya adalah Borneo,” sambungnya.

Ya, meski sudah pasti tak berkompetisi di Liga 1, namun Vanderley, Irsyad Maulana dan pemain lainnya tetap akan memberikan ancaman pada barisan belakang Borneo FC yang dikawal Javlon Guseynov dkk. Vanderley adalah pemain yang paling berbahaya, karena kerap menjadi pemecah kebuntuan di lini depan tuan rumah.

Sayangnya di laga ini tak didukung dengan kualitas lapangan yang bagus. Ini ditambah dengan teriknya cuaca di Padang dalam beberapa pekan terakhir. Namun Gomez menilai kesulitan tak hanya akan dialami Borneo FC. Sebab Semen Padang pun akan mengalami hal yang sama.

“Ini (kondisi lapangan) problem bukan hanya bagi kami, tapi juga Semen Padang. Problem yang sama. Karena mungkin saja ini tidak baik. Karena kamu juga mempunyai pemain yang bagus. Mungkin mereka ingin bermain. Mungkin besok bisa hujan. Tapi kami tak mempunyai pilihan,” terangnya.

Selain itu, bek kanan muda Borneo FC, M Ikhsan mengaku dirinya dan pemain lain sudah sangat siap menghadapi laga ini.

Ia bertekad membawa tiga angka dari Padang, sekaligus menjaga asa tetap di posisi kedua pada klasemen akhir nanti “Saya dan teman-teman pasti sangat siap untuk pertandingan besok (sore ini). Tujuan kami semua sama, yaitu ingin mendapatkan poin tiga untuk Borneo FC,” ujarnya singkat (SU)