Persiapan Borneo FC Samarinda jelang berkompetisi di Liga 1 musim ini tak melulu dilakukan dari sisi teknis. Sebab manajemen juga sudah membidik beberapa uji coba untuk mematangkan persiapan tersebut. Menariknya, manajemen berencana mendatangkan salah satu tim asal Malaysia, sebagai persiapan menatap kompetisi Liga 1 2020. Uji coba ini akan digelar di Samarinda, Februari mendatang.

Saat ini Borneo FC Samarinda hampir menyelesaikan perburuan pemain. Terbaru, ada nama Guy Junior yang melengkapi susunan di lini depan. Guy ditarik untuk menggantikan peran Lerby Eliandry yang hengkang ke Bali United. Sebab status Guy adalah pemain naturalisasi. Sedangkan tak diperpanjangnya kontrak Matias Conti, langsung ditutupi dengan menghadirkan nama Fransisco Torres.

Namun perburuan pemain belum berakhir. Manajemen masih ingin mendatangkan pemain lokal yang memang masih menyisakan satu slot. Selain itu, Borneo FC Samarinda juga intens berkomunikasi untuk mendapatkan gelandang asing, melengkapi kuota non domestik musim ini. Di sela berburu pemain, Borneo FC Samarinda juga berburu lawan uji coba. Agenda uji coba akan dilakukan setelah tim melakukan pemusatan selama dua pekan di Balikpapan.

"Kita rencanakan uji coba internasional. Sudah ada tim dari Malaysia yang menghubungi. Tapi untuk waktunya belum. Kita saling mencocokkan jadwal, antara jadwal kami dengan mereka," ucap Presiden klub Borneo FC Samarinda, Nabil Husien Said Amin.

Nabil mengatakan, program tim pelatih berjalan bagus. Apalagi dengan ketiadaan Piala Presiden di Februari ini. Sebab tim bisa lebih fokus melakukan persiapan. Dikatakannya, salah satu yang sering dihadapi seluruh tim jelang Liga 1 bergulir adalah, diadakannya turnamen pra musim di waktu tim sedang mematangkan persiapan. Menurutnya hal itu memang bagus, karena bisa dijadikan tolok ukur kekuatan tim. Masalahnya adalah, waktu turnamen pra musim kerap berdekatan dengan akan digulirkannya kompetisi reguler.

“Musim ini kami tak mempermasalahkan absennya turnamen Piala Presiden atau Piala Indonesia yang biasa digulirkan sebelum kompetisi. Pelatih akan lebih punya waktu persiapan dan akan lebih fokus. Saya tegaskan, kami siap bila Liga 1 digelar 29 Februari nanti," tutur Nabil. (SU)