Kompetisi Liga 1 2020 kemungkinan besar sudah berputar mulai 29 Februari nanti. Meski belum ada kata resmi dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI, namun jadwal tersebut menjadi acuan tim-tim kontestan. Dan kemarin pagi, draft jadwal pertandingan pun sudah dirilis oleh PT LIB. Semua klub mendapatkan jadwal tersebut, termasuk Borneo FC Samarinda. Dan dari jadwal yang dirilis tersebut, Borneo FC Samarinda akan menjalani laga awal di kandang Persija Jakarta dan Persipura Jayapura.

"Draft sudah kami terima tadi pagi (kemarin pagi) dan sudah kami lihat. Kalau dilihat dari yang kami terima sih nanti laga perdana away ke Persija dan away lagi ke Persipura. Setelah itu baru main kandang menghadapi Persela Lamongan,” ujar manajer tim, Farid Abubakar.

Dijelaskannya, mengacu pada jadwal yang sudah dikeluarkan maka di putaran pertama, hanya ada 7 kali laga kandang dilakoni Pesut Etam. "Setidaknya ada jatah 7 kali laga home untuk putaran pertama. kemudian sisanya akan dimainkan di putaran kedua,” kata Farid lagi.

Namun Farid menegaskan, dari rilis jadwal yang dikeluarkan tersebut manajemen akan memberikan masukan pada PT LIB. Sebab ada jadwal yang dianggap merugikan Borneo FC Samarinda. Tanggapan terkait rilis tersebut akan segera dilakukan.

"Ya, kami memang akan memberi tanggapan untuk jadwal yang dikeluarkan ini. Kemungkinan besar kami ada masukan ke LIB, soalnya ada jadwal yang menurut kami sedikit kurang pas saat ada pekan tunda lawan Bali United di kandang. Sebab di situ hitungannya hanya 5 hari selisih dari Lebaran Idulfitri," katanya lagi.

Namun rilis yang dikeluarkan ini sifatnya baru sementara. Seperti musim-musim sebelumnya, perubahan masih sangat besar terjadi. Namun walaupun tak berubah, manajemen Borneo FC Samarinda bisa menerima jadwal tersebut, kecuali laga tunda kontra Bali United.

"Biasanya seminggu setelah ini bakal ada jadwal resmi dikeluarkan PT LIB. Jadi kami masih menganggap jadwal yang ada belum fix. Semoga saja PT LIB bisa cepat mengeluarkan jadwal resminya,” harap Farid. (SU)