Banyak pemain profesional kerap menjadikan nomor punggung sebagai nomor identik. Ini bisa dilihat dari banyaknya pemain kelas dunia, yang tak mau mengganti nomor punggungnya meski sudah berpindah-pindah klub. Nomor punggung juga bisa dianggap sebagai jati diri seorang pemain dalam sebuah tim. Artinya jika nomor punggung disebut, maka publik akan tahu siapa nama pemain pemilik nomor punggung tersebut.

Namun masalah nomor punggung bagi Kevin Gomes De Oliviera, bek kiri anyar Borneo FC Samarinda bukanlah sesuatu yang penting dan keramat. Buktinya saat membela Kalteng Putra musim lalu, ia mengenakan nomor 26 di belakang kostumnya. Dan kini di Pesut Etam, putra dari pelatih Gomes de Oliviera ini akan mengenakan nomor punggung 12. Dan nomor 12 dalam empat musim terakhir adalah milik Lerby Eliandri, yang musim ini bermain untuk Bali United.

Kevin sendiri usai latihan kemarin di Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang mengaku memilih nomor 12 karena beberapa alasan. Salah satunya karena kecintaannya pada adiknya yang kini ada di Surabaya.

“Adik saya di Surabaya sangat suka nomor 12. Dia kini ada bermain di level junior di sepak bola Surabaya. Jadi dengan nomor 12 ini, saya akan selalu teringat dengan dia,” ujar Kevin.

Kevin mengaku tak terlalu beban mengenakan nomor yang dulu dipakai Lerby, pemain lokal dengan jumlah penggemar cukup banyak di Samarinda. Dikatakan pemain berposisi bek kiri ini, nomor punggung bukanlah jadi beban bagi dirinya. Sebab yang terpenting adalah bagaimana dirinya kerja keras di lapangan untuk memberikan hasil positif pada tim.

“Bagi saya nomor berapa saja saya pakai tak masalah. Yang terpenting adalah kerja keras. Nomor punggung bukan sesuatu yang membebani saya, meski saya tahu siapa pemiliknya sebelum saya. Seperti saya katakan tadi, terpenting adalah memberikan yang terbaik bagi tim,” tegasnya.

Soal rekan-rekannya dalam tim, terutama komposisi pemain belakang, Kevin mengaku belum bisa memberikan penilaian. Sebab porsi latihan yang diberikan masih banyak ke fisik. “Ini baru beberapa kali kami menjalani latihan kerja sama. Tapi saya yakin dengan komposisi pemain belakang. Saya yakin kami akan semakin bagus dan kompak sampai hari menjelang pertandingan,” tegasnya. (SU)