Semakin dekatnya gelaran kompetisi Liga 1 musim 2020, membuat Borneo FC Samarinda memacu persiapan. Setelah menggenjot kekuatan fisik sejak dua pekan lalu, mulai kemarin tim pelatih mulai menjalankan program pemantapan taktik dan strategi. Meski demikian, peningkatan kekuatan fisik tetap diberikan di sela-sela program taktik dan strategi tersebut.

Asisten pelatih Ahmad Amiruddin usai menjalani latihan kemarin sore di Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang mengatakan, pelatih kepala Edson Tavares memang tak punya waktu panjang untuk terus meningkatkan fisik pemain. Sebab jika dilihat dari agenda PT Liga Indonesia Baru (LIB), maka kompetisi diputar pada 29 Februari. Artinya waktu persiapan maksimal tim saat ini hanya ada sekitar 20 hari.

“Kebetulan komposisi pemain saat ini sudah lengkap. Jadi kami dari tim pelatih sudah menjalankan program taktikal dan strategi,” ujar Amir.

Sebanyak 28 pemain yang sudah menjalani latihan memang sudah lengkap, meski Amir mengaku kuota dari operator kompetisi menyiapkan slot 30 pemain di setiap klub. Amir mengaku, tim memang masih membutuhkan dua pemain di dua posisi, yakni kiper dan gelandang bertahan. Seiring persiapan berjalan saat ini, manajemen klub sendiri masih berburu dua pemain di posisi tersebut.

Disinggsung mengenai kesiapan tim, Amir menegaskan sekarang tim sudah fokus ke persiapan pertandingan di kompetisi. Itulah sebabnya, tim pelatih sudah memberikan variasi latihan dalam persiapan saat ini.

Jika tak ada perubahan jadwal, Borneo FC Samarinda seperti diketahui akan menjalani dua laga away beruntun, yakni ke kandang Persija Jakarta dan Persipura Jayapura. “Makanya latihan sudah memasuki bagaimana tim bertahan dan menyerang. Ini sangat penting untuk menghadapi dua pertandingan awal. Tapi kami semua belum tahu, apakah akan ada perubahan jadwal atau tidak,” sebutnya lagi.

Amir tak memungkiri jika kekurangan dalam tim masih ada di perjalanan menuju kompetisi ini. Namun ia yakin, di waktu yang ada segala kekurangan tersebut bisa dikejar. Waktu sekitar dua pekan, akan dimanfaatkan tim sebaik mungkin untuk menghadapi kompetisi.

“Kami juga ada program uji coba nantinya. Setidaknya dari uji coba tersebut akan terlihat sampai sejauh mana kesiapan tim, serta apa yang akan dibenahi nantinya,” kata Amir mengakhiri. (SU)