Kompetisi kasta tertinggi sepak bola nasional akan segera digulirkan pada 29 Februari mendatang. Banyak tim sudah menjalankan program uji coba jelang bertarung di kompetisi nanti. Borneo FC Samarinda pun sudah merancang persiapan menuju kompetisi, dengan beruji coba. Menurut rencana, pekan depan uji coba dengan lawan lebih berkualitas akan dilakukan Pesut Etam.

Rencana uji coba ini kemarin sore disampaikan asisten pelatih Ahmad Amiruddin. Dijelaskannya, setelah beruji coba dengan tim PON Kaltim beberapa waktu lalu, uji coba kembali dilakukan pekan depan menghadapi salah satu tim Liga 2.

"Kami berencana mengadakan uji tanding pekan depan. Siapa lawannya kemungkinan dari tim Liga 2. Ini bagus untuk memanaskan mesin tim sebelum kompetisi," ujar Amir.

Uji coba memang sangat penting dilakukan saat ini. Selain kompetisi tinggal menyisakan waktu dua pekan, kekuatan tim juga sudah komplet dengan hadirnya pemain lokal dan asing tambahan.

"Tim ini sekarang sudah lengkap. Ini memudahkan kami untuk mencari formula yang pas. Fokus kami saat ini sudah mulai menatap pertandingan pertama yang kemungkinan kita away ke Persija," terangnya lagi.

Amir berharap, di uji coba kedua nanti tim sudah memperlihatkan progres lebih bagus. Memang bukan hasil akhir yang jadi patokan pelatih. Sebab bagaimana pemain mengaplikasikan hasil latihan, jauh lebih penting.

Saat uji coba pertama melawan tim PON Kaltim, Amir pemain tak bisa bermain maksimal. Sebab saat itu tim masih dalam program peningkatan fisik. Sehingga pergerakan pemain menjadi tak maksimal, karena otot-otot mereka masih tegang karena porsi latihan yang diberikan.

“Di uji coba kedua nanti Insya Allah tim akan lebih baik. Sebab mereka sudah tak digenjot fisik secara berlebihan. Saat ini program sudah masuk taktik dan strategi. Hasil program inilah yang akan kami lihat bagaimana pemain menjalankannya di lapangan,” katanya lagi.

Sayangnya, saat ini terdapat empat pemain Pesut Etam yang mengalami cedera. Mereka adalah Abdul Rachman, Sultan Samma, Diki Indriyana dan terakhir Imanuel Wanggai. Belum diketahui persis sampai sejauh mana kadar cedera dialami keempat pemain ini. Namun Amir berharap keempatnya bisa cepat pulih dan bisa dimainkan di uji coba nanti.

“Kalau mereka sudah fit, pelatih jelas akan lebih banyak punya banyak pilihan. Kami berharap cedera keempat pemain ini tak parah,” kata Amir mengakhiri. (SU)