Persiapan demi persiapan sudah dijalani Borneo FC Samarinda saat ini. Terhitung sudah nyaris tiga pekan pemain diberi porsi latihan. Mulai dari peningkatan fisik, hingga masuk dalam program teknik dan strategi. Namun tak semua pemain mengikuti program latihan sejak awal. Sebab di tengah perjalanan persiapan, ada pemain baru bergabung dalam skuad.

Pelatih pun memberikan porsi latihan tambahan bagi pemain yang “terlambat” bergabung tersebut. Ada tiga nama pemain mendapat porsi latihan lebih saat ini. Mereka adalah Nuriddin Dovranov, Titus Bonai dan Abdul Rachman. Dua nama pertama mendapat tambahan latihan karena memang statusnya baru bergabung. Sementara Abdul Rachman baru saja sembuh dari cedera.

"Untuk pemain yang tidak bergabung sejak awal seperti Nuruddin, Tibo dan Rahman ada tambahan khusus dari pelatih fisik. Ini dilakukan untuk menyamakan kondisi mereka dan dapat peak perform saat pertandingan perdana nanti," ujar Ahmad Amiruddin, asisten pelatih.

Amir mengaku, ketiga pemain yang terlambat sangat antusias menjalani program tambahan dari pelatih fisik. Sebab mereka sadar sudah tertinggal dari sisi peningkatan fisik dibandingkan pemain lain. Dan Amir yakin, dengan adanya tambahan porsi tersebut, baik Nuriddin, Tibo maupun Rachman bisa menyamai pencapaian pemain lainnya.

“Insya Allah. Saya optimistis mereka bisa mengejar ketertingalan dari pemain lain. Mereka adalah pemain profesional, jadi mereka pasti sadar soal itu. Apalagi sepak bola adalah pekerjaan mereka,” tambahnya.

Disinggung mengenai program latihan saat ini, Amir menjelaskan pelatih kepala sudah secara detail memberikan pemahaman taktik dan strategi untuk pertandingan. Sudah tinggal sedikitnya waktu kompetisi, membuat Edson Tavares berusaha agar pemainnya cepat memahami apa yang diinginkannya di setiap pertandingan.

"Kami sekarang sudah mulai detail ke masalah taktik dan bagaimana menerapkan strategi, baik itu dalam hal set piece dan juga corner kick. Bertahap kami akan memperdalam itu semua, karena jadwal sudah semakin dekat," sambungnya.

Sudah lengkapnya komposisi pemain saat ini, memudahkan Tavares menjalankan program taktik saat ini. Memang kemungkinan adanya penambahan pemain akan dilakukan, tetapi tak secara signifikan mengubah gaya bermain tim nantinya.

"Untuk pemain sudah lengkap. Kalau ada tambahan mungkin di posisi kiper. Tapi kami fokus dengan pemain yang sudah tersedia ini. Kami genjot mereka agar maksimal di kompetisi nanti," pungkasnya. (SU)