Mantan pemain Borneo FC Samarinda, Kunihiro Yamashita pada Minggu, Februari 2020 kemarin menggelar acara amal bertajuk One World. Acara ini diinisiasi oleh Yamashita sebagai bentuk apresiasinya terhadap sepakbola di Indonesia. Dalam gelarannya, Yamashita bekerja sama dengan Borneo FC Samarinda yang dulu pernah dibelanya pada tahun 2017.

Tak hanya seorang diri, Yamashita juga mengajak tiga rekannya asal Jepang yang juga tak asing di mata masyarakat Indonesia. Mereka adalah dua pesepakbola Matsunaga Shohei dan Kenji Adachihara serta musisi asal Jepang yang kini menetap di Indonesia, Hiroaki Kato. Di acara ini, Yamashita dan kawan-kawan berkunjung ke salah satu panti asuhan di Samarinda kemudian menggelar fun games di Stadion Segiri Samarinda bersama dengan 250 anak-anak dari SSB di Samarinda.

“Saya sangat senang karena semua orang menikmati acara ini. Anak-anak di sini sangat bekerja keras dan menikmati bermain bola hari ini (kemarin). Teman-teman saya pun juga sangat antusias mengikuti acaranya. Saya sangat senang dan berterima kasih,” ucap Yamashita seusai acara.

Menurut Yamashita, acara ini pun mendapat dukungan penuh dari Presiden Klub Borneo FC Samarinda, Nabil Husien Said Amin, yang hadir langsung kemarin. “Ide acara ini muncul dari saya. Kemudian saya menghubungi Nabil dan ia pun antusias dan berkata, ‘Ya, ayo kita lakukan bersama-sama’. Ia membantu saya sangat banyak hingga kami bisa menjalankan acara ini,” lanjutnya.

Dipilihnya Samarinda sebagai kegiatan amal ini berlangsung pun bukan tanpa sebab. Bagi Yamashita, Borneo FC Samarinda adalah keluarga baginya. “Klub ini sangat top dan sempurna. Seperti sebuah keluarga dan semua pemain akrab satu sama lain. Dan juga Nabil sangat senang dengan semua pemain. Saya berharap klub ini bisa menjadi juara tahun ini,” ucap Yamashita.

Yamashita sendiri telah mengumumkan bahwa ia pensiun sebagai pesepakbola pada tahun lalu. Ketika ditanyai mengenai rencananya di masa depan, Yamashita mengungkapkan bahwa ia akan melakukan kegiatan di luar dunia sepakbola. “Saya berencana untuk menjalankan bisnis dii Jepang dan Indonesia. Tapi untuk kelanjutan dari acara amal ini, saya akan berusaha untuk terus melanjutkannya. Kita akan lihat nanti,” tutup pemain yang mendapat julukan The Samurai ini. (ANS)