Nama Gianluca Pandeynuwu sampai saat ini dipastikan akan menjadi kiper utama Borneo FC Samarinda, sebelum mengarungi kompetisi Liga 1 2020. Sebab jika dibandingkan dengan dua kiper lain dalam tim ini, Gian jelas sudah punya jam terbang. Di uji coba malam nanti di Stadion Segiri, akan menjadi kesempatan kembai bagi Gian memperlihatkan kemampuannya. Kabar akan didatangkannya kiper baru, jelas akan memantik semangat kiper 21 tahun ini.

Jelang uji coba menghadapi Sulut United, Gian mengatakan uji coba hanya sekadar untuk melihat hasil latihan selama ini. Namun ia memastikan, seluruh pemain akan serius untuk menjalankan hasil latihan tersebut dan mengaplikasikan strategi yang diberikan pelatih.

“Bagi kami uji coba melawan Sulut United menjadi salah satu sarana melihat apa yang kami jalani selama tiga pekan terakhir. Hasil akhir jelas bukan patokan sampai sejauh bagaimana kami di kompetisi nanti. Pastinya, saya dan teman-teman akan bermain maksimal,” terangnya.

Gian sendiri tak terlalu menanggapi wacana manajemen mendatangkan lagi kiper tambahan di dalam tim. Menurutnya yang terpenting saat ini adalah, bagaimana dirinya dan pemain lain mempersiapkan diri jelang kompetisi, dengan menjalani latihan secara maksimal.

“Mau datang kiper baru atau tidak ada kiper baru, saya dan kiper lain harus siap. Keputusan pelatih tetap kami terima. Kalau memang dipercaya, saya harus memberikan 100 persen kemampuan saya,” tambahnya.

Suasana latihan dan komunikasi yang terjalin dalam tim saat ini, baik dengan pemain lama maupun pemain baru berjalan dengan baik. Hal ini menjadi salah satu kunci dan modal untuk mengarungi kompetisi. “Kalau dalam latihan semuanya berjalan dengan baik, saya yakin di kompetisi kami akan menuai hasil bagus,” katanya lagi.

Soal materi latihan dari Carlos Salamao sebagai pelatih kiper anyar, disebutnya tak terlalu beda dengan Luizinho Passos musim lalu. Bedanya, Salamao lebih menekan pada bulid up dari bawah. Artinya serangan yang akan dibangun tim, harus dimulai dari belakang dengan baik.

Disinggung mengenai uji coba malam nanti, Gian mengaku menghadapi Sulut United menjadi salah satu bagian dari keinginan pelatih memanaskan mesin tim. Ini disebutnya sangat penting, agar saat kompetisi berjalan semua pemain mendapatkan peak performance yang diinginkan. (SU)